Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Tips Memilih Hewan Qurban

Qurban atau sering disebut kurban oleh orang Indonesia memiliki makna menyembelih hewan tertentu yang ditunjukan bagi manusia untuk menjadi lebih dekat dengan sang pecipta. Yang dimaksut hewan tertentu disini adalah hewan yang diterima menurut syariat agama untuk di qurbankan. Seperti Sapi, Kerbau, Unta dan Kambing. Pelaksanaan qurban sendiri dilaksanakan pada tanggal 10 Dzul Hijjah oleh seluruh umat islam dipenjuru dunia.

Tips Memilih Hewan Qurban
Tips Memilih Hewan Qurban
Qurban atau sering disebut kurban oleh orang Indonesia memiliki makna menyembelih hewan tertentu yang ditunjukan bagi manusia untuk menjadi lebih dekat dengan sang pencipta. Yang dimaksud hewan tertentu disini adalah hewan yang diterima menurut syariat agama untuk di qurbankan. Seperti Sapi, Kerbau, Unta atau Kambing. Pelaksanaan qurban sendiri dilaksanakan pada tanggal 10 Dzul Hijjah oleh seluruh umat islam dipenjuru dunia yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Dengan menjelangnya Hari Raya Idul Adha seperti saat ini banyak bermunculan para penjual hewan qurban yang memamerkan hewannya dipinggir jalan bakan ada beberapa penjual yang memakai cara khusus untuk dapat menarik para pembeli hewan qurban.  Dalam situasi ini kamu tidak boleh gegabah dalam menentukan untuk membeli hewan qurban yang akan di qurbankan pada hari raya idul adha nanti. Dalam ajaran agama sendiri untuk memilih hewan qurban telah memiliki aturan sendiri, antara lain, Hewan qurban harus sehat, gemuk, cukup umur serta kuat. Lalu seperti apa hewan yang layak untuk dijadikan qurban pada hari raya idul ada nanti, berikut tipsnya :


Cara Memilih Hewan Qurban


Untuk mendapatkan amalan yang maksimal dalam berqurban tentunya untuk memilih hewan qurban tidak boleh sembarangan ada beberapa aspek yang harus dipenuhi untuk dapat dikatakan bahwa hewan tersebut layak untuk diqurbankan antara lain : Hewan telah memiliki usia yang cukup dimana untuk sapi atau kerbau telah memiliki usia lebih dari 2 tahun, hal ini dapat dipastikan dengan melihat kondisi hewan dimana jika seekor sapi atau kerbau yang telah menginjak usia 2 tahun maka akan tumbuh gigi tetap yang jumlahnya lebih dari 1. Sedangkan untuk kambing memiliki aturan bahwa usia kambing telah mencapai usia 1 tahun, Hal ini ditandai dengan tumbuhnya gigi tetap pada hewan qurban yang jumlahnya lebih dari satu.
Selain pada segi usia, Hewan qurbn tadi juga harus memiliki sepasang tanduk yang lengkap dan tidak pernah dipotong, Tidak cacat, kedua buah zakar lengkap, hewan qurban tidak boleh dikebiri, Pada kulit hewan qurban tidak boleh ada luka serta hewan qurban juga harus memiliki tubuh yan gemuk dan bergizi baik.


Ciri-Ciri Hewan Qurban Yang Sehat

  • Untuk mengetahui hewan qurban sehat atau tidak dapat dilihat dari bulunya, dimana jika hewan qurban tersebut sehat maka bulu hewan tersebut akan halus, mengkilap dan tidak berkutu, tidak berjamur dan tidak mudah rontok.
  • Selain itu anda juga dapat melihat prilaku hewan qurban untuk mengecek kesehatannya, dimana jika hewan qurban terlihat lincah saat didekati maka dipastikan hewan qurban tersebut dalam keadaan sehat.
  • Jika anda menemui hewan qurban yang pada mulutnya memiliki banyak air liur dan ada bintil-bintil merah dimulutnya, anda perlu mewaspadai hal ini saat memilih hewan qurban tersebut.
  • Pilihlah hewan qurban yang hidungnya basah dan pada selaput lendirnya memiliki warna yang cerah.
  • Pastikan juga bahwa kuku dari hewan kurban bersih dan tidak memiliki luka pada tubuhnya.
  • Hewan qurban tidak memiliki penyakit kulit seperti jamur ataupun koreng.

Ciri-Ciri Hewan Qurban Yang Tidak Sehat

  • Mata sayu.
  • Tidak nafsu makan.
  • Menyendiri atau memisahkan dari kelompok.
  • Sering berbaring.
  • Tidak aktif.

Itulah tadi beberapa tips untuk memilih hewan qurban yang baik. agar pada pelaksanaan hari raya idul adha nanti kita dapat mendapatkan amalan yang maksimal dari berqurban.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget