Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Berternak Burung Lovebird Untuk Pemula

Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang saat ini memiliki jumlah penggemar yang cukup banyak. tak hanya cantik naumun burung ini juga memiliki suara kicauan yang khas yang membuat siapa saya ang melihat burung ini akan langsung kepincut untuk memilikinya. Dengan kepopuleran burung Lovebird seperti saat ini membuat peluang berternak burung ini menjadi terbuka lebar terlebih lagi nilai jual dari burung cinta ini bisa dibilang cukup tinggi.

Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang saat ini memiliki jumlah penggemar yang cukup banyak. tak hanya cantik naumun burung ini juga memiliki suara kicauan yang khas yang membuat siapa saya ang melihat burung ini akan langsung kepincut untuk memilikinya. Dengan kepopuleran burung Lov
ebird seperti saat ini membuat peluang berternak burung ini menjadi terbuka lebar terlebih lagi nilai jual dari burung cinta ini bisa dibilang cukup tinggi.

Cara Berternak Burung Lovebird Untuk Pemula
Berternak Burung Lovebird Bagi Pemula

Untuk berternak Lovebird sendiri sebenarnya gampang-gampang susah tergantung keuletan sipeternak itu sendiri. Masalah yang sering dialami oleh para pemula peternak lovebird adalah kesulitan saat membedakan mana lovebird yang jantan dan mana burung lovebird yang betina. karena lovebird ini bisa melakukan kawin sesama jenis, jadi jangan senang dulu saat melihat butiran telur yang ada kandang pejodohan karena bisa jadi telur itu hasil dari sama betina lovebird dan telur itu tidak akan pernah bisa menetas. 


Pemilihan Indukan Lovebird


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pemilihan indukan lovebird haruslah diperhatikan. biasanya indukan yang memiliki kualitas dan kesehatan yang baik akan menghasilkan keturunan yang baik bula, selain dari kesehatan peternak biasanya akan menentukan keturunan lovebird nantinya lebih condong ke suara ataupun warna dengan cara memilih indukan yang memiliki suara yang bagus atau indukan yang meiliki warna yang bagus.
Sebelum dipasangkan pestikan usia lovebird telah mencapai usia 1 tahun dan kalau bisa umur dari indukan jantan lebih tua dibandingkan indukan betina. hal ini diharapkan nantinya jantan dapat lebih mendominasi saat proses perkawinan berlangsung. Setelah memastikan apakah indukan lovebird memiliki kualitas yang baik dan telah cukup umur maka selanjutnya adalah menemukan indukan jantan dan betina dan dapat dilakukan dengan cara mengenali fisik dari burung lovebird.


Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

  • Lovebird betina biasanya memiliki ukuran yang lebih besar.dibandingkan dengan lovebird jantan.
  • Lovebird betina memiliki tulang pinggul yang lebih lebar karena digunakan unuk bertelur.
  • Lovebird jantann kadang-kadang terlihat menggesek-gesekan pantatnya pada tangkringan, namun peru diingat jika kamu melihat prilaku lovebird seperti itu maka segera ambil burung tersebut dan segera ternakan. karena jika prilaku tersebut terlalu lama dilakukan maka bisa jadi lovebird akan sulit kawin.
  • Lovebird betina yang telah dewasa biasanya sering terlihat merentangkan kedua sayapnya dan mengangkat ekornya keatas yang artinya burung tersebut telah siap kawin. 

Pembuatan Kandang Ternak Burung Lovebird


Hal yang tak kalah penting dalam budidaya lovebird adalah pembuatan kandang burung dimana kandang harus disesuaikan dengan jumlah burung yang akan dikawinkan. jika hanya untuk memasangkan sepasang burung saja hanya dibutuhkan kandang dengan ukuran 50 X 100 X 50 cm saja. namun jika jumlah burung yang akan dikawinkan banyak maka buatlah kandang dengan ukuran yang besar dan memiliki sekat.
Setelah pembuatan kandang selesai maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mebuatan tempat untuk bertelur dan mengerami telurnya kelak. tempat bertelur biasanya terbuat dari kayu yang keras dan memiliki ukuran 20 X 25 X 25 cm berbentuk kotak persegi. Selanjutnya agar lovebird nyaman saat bertelur dan mengerami telurnya maka berilah daun kering, ranting-ranting ataupun sobekan kain pada tempat bertelur lovebird.


Teknik Mengawinkan Lovebird


Setelah dasar-dasar berternak lovebird telah dilakukan maka selanjutnya adalah mengawinkan lovebird jantan dengan lovebird betina dengan cara memasukan sepasang burung lovebird kedalam kandang ternak yang telah disediakan sebelumnya. Tunggu sekitar 4-10 hari untuk dapat melihat telur dari lovebird.
Selama masa pengawinan usahakan lovebird diberikan makanan yang memiliki tingkat gizi yang tinggi seperti pemberian makan berupa biji sawi, kenari seed, kangkung, milet, kwaci, sotong dan sebagainya.

Merawat Telur dan Anak Lovebird


Biasanya burung lovebird akan bertelur sebanyak 3 butir namun sayangnya tidak semua burung lovebird mau mengerami telurnya. hal inilah yang menyebabpan telur tidak mau menetas. untuk mengatasi masalah ini peternak biasanya akan mendekatakan lovebird betina lainya yang telah mau mengerami telurnya. namu perlu diingat lovebird tidak perlu dimasukan dalam satu sangkar melainkan hanya perlu mendekatkan sangkarnya saja.
Lovebird betina akan mengerami telurnya selama 18-23 hari dan usahakan lovebird jantan dipisahkan dengan lovebird betina agar tidak menggangu proses pengeraman telur yang sedang berlangsung. Pada tahap ini peternak dapat langsung memasgkan lovebird jantan ini dengan lovebird betina yang lainya.
Biasanya sebagian besar Lovebird betina yang pertama kali bertelur akan tidak berhasil untuk menetaskan telurnya. hal ini terjadi lantaran burung mungkin belum terlalu siap untuk kawin namun kamu tidak perlu kawatir karena biasanya pada perkawinan kedua telur yang dihasilakn burung lovebird akan menetas. Selama pengeraman berlangsung lovebird harus tetap diberikan makanan yang berkualitas berupa pelet ayam yang telah dicampur dengan bubur bayi.
Setelah telur menetas maka tunggu saja hingga anakan lovebird keluar dari sarangnya. setelah usia anakan lovebird sekitar 10-14 hari maka pisahkanlah dari induknya. Pada tahap ini anakan lovebird harus diberi pengawasan yang ekstra dimana kandang anak lovebird sebisa mungkin harus dalam keadaan hangat. pemasangan bolam lampu 5 watt dapat membantu untuk menghangatkan kandang anak lovebird.
Selain menyiapkan kandang anak lovebird peternak juga harus mengawasi pola makan anak lovebird. dimana peternak biasanya melakukan pelolohan dengan cara menggunakan suntikan berukuran besar agar saat meloloh burung, burung tidak akan tersedak. Untuk jenis makanan sendiri peternak dapat memberikan makanan berupa makanan bayi yang diberikan selama 4 jam sekali. proses meloloh ini dilakukan hingga burnug dapat makan makanannya sendiri.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget