Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

4 Manfaat Daun Pepaya untuk Ikan Lele

Tidak hanya baik untuk manusia saja, ternyata daun pepaya juga sangat bermanfaat bagi ikan lele. Dimana daun termasuk batang atau buah pepaya dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mensetabilkan ph air kolam. Selain itu daun pepaya sendiri juga dapat digunakan sebagai obat alami bagi lele yang sakit atau mengalami stress saat musim hujan tiba.

4 Manfaat Daun Pepaya untuk Ikan Lele

Tidak hanya baik untuk manusia saja, ternyata daun pepaya juga sangat bermanfaat bagi ikan lele. Dimana daun termasuk batang atau buah pepaya dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mensetabilkan ph air kolam. Selain itu daun pepaya sendiri juga dapat digunakan sebagai obat alami bagi lele yang sakit atau mengalami stress saat musim hujan tiba.

Didalam duan pepaya sendiri mengandung enzim papain yang memiliki aktivitas antimikroba dan proteolitik serta alkaloid yang berfungsii sebagai anti bakteri bagi ikan lele. Selain itu terdapat sebuah penelitin yang menyebutkan bahwa ekstrak daun pepaya telah terbukti ampuh sebagai antibakteri dan imunostimulan serta dapat mencegah atau mengobati ikan lele yang terinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila. 

Selain beberapa manfaat daun pepaya bagi ikan lele diatas, terdapat juga manfaat lainya dari daun pepaya, antara lain :

Sebagai Obat Stres Ikan Lele
Daun pepaya sendiri diyakini sangat ampuh untuk meredakan stres pada ikan lele yang baru saja dibeli. Daun pepaya berfungsi sebagai media untuk membuat ikan lele menjadi lebih tenang. Caranya adalah dengan merajang halus daun pepaya hinggga mengeluarkan air, setelah itu tebar daun pepaya kedalam kolam sebagai pakan bagi ikan lele serta sebagai obat untuk menenagkan ikan lele.

Sebagai Media untuk Mensterilkan Air Kolam
Sebelum memasukkan lele yang baru dibeli kedalam kolam, alangkah baiknya untuk melakukan sterilisasi air koalm terlebih dahulu. Karena ikan lele pada dasarnya membutuhkan waktu untuk beradaptasi pada lingkungan barunya. Cara untuk seterilkan air kolam sendiri dapat dilakukan menggunakan daun pepaya serta tangkainya, caranya adalah dengan menumbuk halus daun pepaya beserta tangkainya kemudian tebarkan daun pepaya tadi kedalam kolam dengan perbandingan 1 genggam / 1 m2
Jika kamu menggunakan kolam terpal yang baru pertama kali digunakan, kamu dapat mensterilkan kolam dengan cara menumbuk halus daun pepaya dan dicampurkan dengan air, diamkan selama kurang lebi 15 menit. Setelah itu semprotkan cairan tadi pada permukaan terpal secara merata. Diamkan kolam selama 5 hari dan setalah itu bersihkan/ bilas kolam terpal dengan air bersih.

Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ikan Lele 
Didalam ekstrak duan pepaya mengngandung tocophenol, flavonoid serta enzim papain yang memiliki aktifitas antimikroda serta protoelitik. Dimana kandungan-kandungan tadi sangat ampuh sebagai antibakteri serta imunostimulan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari ikan lele.

Menghilangkan sifat Kanibalisme sesam ikan lele
Ikan lele merupakan salah satu hewan yang memiliki sifat kanibalisme yang cukup tinggi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ikan lele menjadi kanibal antara lain Populasi ikan yang terlalu banyak, Perbedaan ukuran tubuh antar ikan, Ikan yang mengalami stres, serta ada beberapa faktor lagi yang bisa dibaca pada artikel Penyebab Ikan Lele Menjadi Kanibal.
Salah satu cara untuk meminimalisir hal ini terjadi, kamu dapat menggunakan daun pepaya untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan mencincang halus daun pepaya dan masukan sedikit saja molase atau tetes tebu, kemudian aduk secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu berikan ramuan ini kepada ikan lele sebagai pakan.

Dari beberapa pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaattan daun pepaya pada budidaya ikan lele sangatlah menguntukan. Selain dapat dijadikan makanan alami alternatif, daun pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat bagi ikan lele. Demikianlah ulasan mengenai f4 Manfaat Daun Pepaya untuk Ikan Lele. Semoga Bermanfaat.

Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget