Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

13 Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan

Selain enak dan murah, ikan nila ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi. Seperti kandungan kalori, lemak rendah, protein, omega 6, fosfor, selenium, niacin, kalium, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai nutrisi yang ada didalam ikan nila, membuat ikan nila sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur.

13 Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan
13 Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan

Taryono.com - Oreochromis sp. atau sering disebut sebagai ikan nila adalah salah satu komoditas perikanan yang sangat populer di masyarakat. Mungkin karena ikan ini memiliki rasa yang enak dan memiliki harga yang terjangkau. Ikan nila sendiri berasal dari benua Afrika dan pada tahun 1969 ikan ini mulai masuk dan berkembang cukup pesat di Indonesia. Ikan ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan ikan jenis lain seperti mudah berkembang biak, Sangat tahan terhadap perubahan lingkungan, tahan terhadap serangan penyakit dan termasuk ikan omnivora atau pemakan segalanya. membuat ikan ini sangat mudah diterima oleh masyarakan indonesia.

Pada alam bebas ikan nila banyak ditemui diperairan air tawar yang tenang seperti sungai, rawa waduk dan danau. Ikan ini termasuk ikan pemakan segalanya (omnivora) dan ikan ini sangat menyenagi pakan alami berupa Daphnia sp., Moina sp. benthos, Rotifera, fitoplankton dan ferifiton. Namun sekarang ini ikan nila dapat dengan mudah didapatkan di pasar atau swalayan denga harga yang relative terjangkau.
Selain enak dan murah, ikan nila ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi. Seperti kandungan kalori, lemak rendah, protein, omega 6, fosfor, selenium, niacin, kalium, dan masih banyak lagi. Dengan berbagai nutrisi yang ada didalam ikan nila, membuat ikan nila sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur.

Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan


Meningkatkan Kesehatan Tulang
Kandungan fosfor didalam ikan nila dapat membantu untuk menjaga kesehatan tulang. Jika kebutuhan fosfor didalam tubuh tidak terpenuhi, maka dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit osteoporosis.

Mempunyai Kandungan Protein
Sudah tidak dapat diragukan lagi, bahwa semua jenis ikan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.  Meskipun kandungan protein didalam ikan nila masih kalah dengan kandungan protein ikan laut, namun protein pada ikan nila sendiri telah mampu memenuhi kebutuhan protein didalam tubuh tiap harinya.

Mencegah Penuaan Dini
Ikan nila memiliki kandungan selenium, dimana jika kita mengkonsumsi ikan ini secara teratur, akan selalu menjaga kesehatan kulit. Karena kandungan Selainitu selenium dan kandungan antioksidan dapat membantu dalam mengatasi masalah kerusakan sel dari radikal bebas.

Mengandung Vitamin B12 atau B Komplek
Kandungan vitamin B12 didalam ikan nila dapat membantu dalam proses pemecahan sel tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah terjadinya anemia, serta membantu dalam pembentukan sel-sel darah merah.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan asam lemak omega 3 didalam ikan nila dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit serangan janung, stroke serta ateroslerosis. Selain itu kalium yang terkandung didalam ikan nila dapat menjaga selalu kesehatan jantung. Kalium sendiri berfungsi sebagai media untuk menstabilkan tekanan darah.

Mengandung Vitamin B3 dan B5
Didalam ikan nila juga mengandung vitamin B3 dan B5, dimana kandungan ini dapat membantu menguraikan energi didalam makanan, mencegah terjadinya ganguan system pencernaan, meningktkan daya tahan dan kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya kejang otot.

Mencerdasan Otak
Kalium yang terkandung didalam ikan nila dapat membantu dalam meningkatkan oksigen ke otak, yang sangat penting dalam keseimbagan cairan didalam otak. Selain itu kandungan omega 3 didalam ikan nila juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otak dan fungsi neurologis. Dimana jika anak-anak mengonsumsi ikan ini secara teratur, dapat membantu untuk meningkatkan kecerdasanya.

Selain itu Ikan Nila Juga Memiliki Manfaat lainnya, antara lain :
  • Ikan nila memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga ikan ini sangat cocok digunakan sebagai program diet yang sehat.
  • Kandungan kalogen didalam ikan nila sangat rendah, bahkan lebih rendah dari kandungan kalogen didalam daging ternak. Hal ini membuat tekstur daging ikan nila menjadi empuk sehingga mudah untuk dicerna.
  • Ikan nila memiliki kandungan selenium yang dapat mencegah resiko terjadinya penyakit kanker, katarak, serta serangan jantung.
  • Ikan nila memiliki kandungan vitamin B12, yang dapat membatu pembentukan sel darah merah.
  • Kandunga lemak yang rendah didalam ikan nila, sehingga ikan ini jiak dikonsumsi tidak meningkatkan kadar kolesterol tubuh.
  • Kandungan potassium didalam ikan nila , berguna untuk mencegah pembentukan batu ginjal serta melancarkan aliran oksigen menuju otak.

Meskipun Ikan nila memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun perlu diperhatiakan dalam membeli ikan nila, sangat disarankan untuk membeli ikan nila dari peternak yang selalu menjaga kebersihan kolamnya. Karena ikan nila memiliki kebiasaan alami membersihkan racun dilingkungan hidupnya.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget