Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Teknik Pemberian Pakan Ikan Gurame yang Baik

Ikan gurami merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari masyarakat asia tenggara dan asia selatan untuk dikonsumsi. Namun sayangnya ikan gurame merupakan ikan yang memiliki laju pertumbuhan agak lambat dibandingkan dengan ikan budidaya lainya, sehingga harga dari ikan gurame sendiri tergolong cukup mahal. Hal inilah yang membuat budidaya ikan gurame patut untuk diperhitungkan. Meskipun menjantikan, budidaya ikan gurame tidak dapat dilakukan dengan sembarangan serta masih minimnya ilmu pengetahuan mengenai ikan gurame. Pasalnya salah satu kunci keberhasilan budidaya ikan gurame adalah ditentukan dari teknik pemberian pakan yang benar

Teknik Pemberian Pakan Ikan Gurame yang Baik

Ikan gurami merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang digemari masyarakat asia tenggara dan asia selatan untuk dikonsumsi. Namun sayangnya ikan gurame merupakan ikan yang memiliki laju pertumbuhan agak lambat dibandingkan dengan ikan budidaya lainya, sehingga harga dari ikan gurame sendiri tergolong cukup mahal. Hal inilah yang membuat budidaya ikan gurame patut untuk diperhitungkan.

Meskipun menjanjikan, budidaya ikan gurame tidak dapat dilakukan dengan sembarangan serta masih minimnya ilmu pengetahuan mengenai ikan gurame. Pasalnya salah satu kunci keberhasilan budidaya ikan gurame adalah ditentukan dari teknik pemberian pakan yang benar. dan berikut ini adalah beberapa teknik pemberian pakan ikan gurama yang baik, guna meningkatkan pertumbuhan dari ikan gurame itu sendiri.
  1. Untuk menningkatkan pertumbuhan ikan gurame lebih cepat dapat dilakukan dengan menjaga pemberian pakan secara teratur dengan kualitas serta kuantitas yang tinggi. Dengan demikian induk-induk ikan gurame yang sehat serta terjamin makanannya dapat dipijahkan sebanyak 2 kali dalam setahun secara berturut-turut selama 5 tahun.
  2. Pada dasarnya ikan gurame tidak dapat 100% diberi pakan buatan pabrik saja, karena dapat membuat daging gurame menjadi lembek. Untuk itu diperlukan pemberian pakan hewani serta nabati seperti daun sante, daun umbi kayu, kangkung, serta daun tanaman air untuk ikan gurame guna memenuhi kebutuhan pakan nabati.
  3. Pakan ikan gurame diberikan berupa pelet dengan kandungan protein yang telah disesuaikan dengan ukuran dari ikan gurami, antara lain :
  • Ukuran < 5 cm kadar protein 38%
  • Ukuran 5 – 15 cm kadar protein 32%
  • Ukuran >15 cm kadar protein 28%

Ransum harian berupa pakan buatan dapat dilakukan secara berkala dengan dosis 1-3% dari berat biomasa per hari, dengan frekuensi pemberian sebanyak 1-2 kali dalam 1 hari yaitu pada pagi dan sore hari. Dengan acuan tersebut, maka bobot pakan per hari dapat berubah seiring dengan laju pertumbuhan ikan di dalam kolam. Lalu untuk mengetahui berat biomasa sendiri dapat dilakukan dengan cara pengambilan beberapa ekor ikan untuk ditimbang dan dijadikan sampel. 


Demikianlah ulasan mengenai Teknik Pemberian Pakan Ikan Gurame yang Baik. Semoga anda bisa lebih memahami mengenai Teknik Pemberian Pakan Ikan Gurame yang Baik dan benar. Semoga Bermanfaat.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget