Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Tanda-Tanda Birahi pada Sapi

Pada umumnya kadar hormon estrogen yang cukup tinggi sangat andil dalam memicu terjadinya birahi. Dimana hormon ini sangat mempengaruhi indra penciuman, pendegaran, serta indra penglihatan dari sapi yang birahi, yang mengakibatkan betina tidak mau beristirahat serta lebih aktif selama birahi. Maka dari itu peternak sapi sangat dianjurkan untuk memantau sapi betina selama 30 menit pada pagi hari serta 30 menit pada sore hari secara teratur dan pada jam yang sama. Karena hal ini merupakan salah satu kunci sukses dalam program perkawinan atau IB. Ada beberapa tanda yang dapat menjadi patokan sapi yang tengah mengalami birahi

Tanda-Tanda Birahi pada Sapi

Berahi atau estrus atau heat, merupakan sebuah periode waktu dimana induk betina sapi mulai menerima pejantan atau mau melakukan proses perkawinan. Dalam program perkawinan atau sering disebut dengan istilah IB, peternak harus mampu mengetahui tanda-tanda sapi betina mengalami birahi serta faktor-faktor yang mendukung terjadinya birahi.

Pada umumnya kadar hormon estrogen yang cukup tinggi sangat andil dalam memicu terjadinya birahi. Dimana hormon ini sangat mempengaruhi indra penciuman, pendegaran, serta indra penglihatan dari sapi yang birahi, yang mengakibatkan betina tidak mau beristirahat serta lebih aktif selama birahi.

Maka dari itu peternak sapi sangat dianjurkan untuk memantau sapi betina selama 30 menit pada pagi hari serta 30 menit pada sore hari secara teratur dan pada jam yang sama. Karena hal ini merupakan salah satu kunci sukses dalam program perkawinan atau IB. Ada beberapa tanda yang dapat menjadi patokan sapi yang tengah mengalami birahi, berikut cirinya,

Tanda - tanda birahi pada sapi betina

  1. Sapi betina sering terlihat gelisah
  2. Sering bertriak atau melenguh
  3. Sering terlihat menaiki atau dinaiki oleh sesama sapi betina
  4. Mengalami penurunan nafsu makan
  5. Pada bagian Vulva terlihat sedikit bengkak, berwarna merah, dan terasa hangat saat diraba (istilah jawanya : abang,abuh,anget)
  6. Keluar lendir yang bening dan tidak berwarna dari bagian Vulvanya
  7. Jika dipalpasi perekal maka pada bagian uterus akan berkontraksi, tegang, mengeras serta pada bagian permukaannya terlihat tidak rata.

Setelah mengetahui bahwa sapi telah mengalami birahi segera lakukanlah proses perkawinan atau lakukan Inseminasi Buatan (IB), karena pada saat itulah liang leher Rahim sapi dalam posisi yang terbuka. Sehingga kemungkinan terjadinya kehamilan pada sapi sangat tinggi untuk terjadi. Meskipun demikian ada periode-periode tertentu dalam birahi yang mempengaruhi presentase keberasilan IB, berikut presentasenya :

  • Pada tahap awal birahi, memiliki tingkat keberhasilan 44 %
  • Pada tahap pertengahan birahi, memiliki tingkat keberhasilan 82%
  • Pada tahap akhir birahi, memiliki tingkat keberhasilan 75%
  • Pada tahap 6 jam sesudah birahi, memiliki tingkat keberhasilan 62%
  • Pada tahap 12 jam sesudah birahi, memiliki tingkat keberhasilan 32%
  • Pada tahap 18 jam sesudah birahi, memiliki tingkat keberhasilan 28%
  • Pada tahap 24 jam sesudah birahi, memiliki tingkat keberhasilan 12%


Faktor yang mempengaruhi keberhasilan reproduksi

  1. Kondisi dari sapi itu sendiri
  2. Ketepatan peternak dalam mendeteksi birahi
  3. Keterampilan dari Inseminator
  4. Kualitas seperma serta oosit
  5. Saluran reproduksi yang sehat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, peternak sangat dianjurkan untuk rutin memantau ternak minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Jika tanda-tanda birahi telah muncul maka segera laporkanlah kepada petugas untuk melakukan proses perkawinan atau IB.
Demikianlah ulasan mengenaiTanda-Tanda Birahi pada Sapi. Semoga anda bisa lebih memahami mengenai Tanda-Tanda Birahi pada Sapi dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget