Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

PH Air yang Baik Untuk Ikan Lele

Dalam budidaya ikan lele, menjaga kestabilan ph air merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para pembudidaya. PH sendiri merupakan derajat keasaman yang digunakan sebagai parameter tingkat keasaman atau kebasaan pada sebuah larutan. Air sendiri memiliki ph netral 7, jadi jika ph air dibawah 7 disebut asam serta diatas 7 berarti basa. Pada ikan lele sendiri batas toleransi ph ada pada kisaran 6 - 9 , namun lele sangat ideal hidup pada kondisi air dengan tingkat ph 7-8.

PH Air yang Baik Untuk Ikan Lele

Taryono.com - Dalam budidaya ikan lele, menjaga kestabilan ph air merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh para pembudidaya. PH sendiri merupakan derajat keasaman yang digunakan sebagai parameter tingkat keasaman atau kebasaan pada sebuah larutan. Air sendiri memiliki ph netral 7, jadi jika ph air dibawah 7 disebut asam serta diatas 7 berarti basa. 

Pada ikan lele sendiri batas toleransi ph ada pada kisaran 6 - 9 , namun lele sangat ideal hidup pada kondisi air dengan tingkat ph 7-8. Jika kondisi air mengalami penurunan ph hal yang perlu untuk dilakukan adalah memberi kapur (kapur dolomit) kedalam kolam untuk menaikan ph air, namun perlu diperhatikan saat memasukan kapur kedalam kolam, karena jika pemberian kapur terlalu berlebihan dapat membuat nafsu makan ikan lele menjadi menurun.

Faktor yang mempengaruhi PH air kolam
  1. Air Hujan, Secara alami air hujan memiliki ph 5-6 yang berarti asam. Pada musim hujan, limpahan air yang masuk kedalam kolam menyebabkan ph air didalam kolam menjadi menurun dan membuat ikan lele menjadi sedikit terganggu bahkan bisa jadi mengalami kematian. Hal yang harus dilakukan pada saat musim hujan adalah menutup kolam menggunakan plastik UV atau membuat drainase overflow untuk mencegah masuknya air hujan kedalam kolam.
  2. Sisa-sisa pakan serta kotoran lele juga sangat berpengaruh terhadap tingkat keasaman didalam air kolam. Untuk itu diperlukan pembuangan sisa-sisa kotolan didalam kolam secara rutin.
  3. Peningkatan alga didalam kolam juga dapat mempengaruhi tingkat basa air pada air kolam.


Citi-ciri Air Kolam Pada Kondisi Asam
  1. Munculnya bau tidak sedap pada kolam
  2. Pada permukaan air terlihat berbusa
  3. Ikan terlihat tidak terlalu aktif
  4. Terdapat material padat larut yang membuat warna air menjadi pekat
  5. Ikan mengeluarkan lendir secara berlebihan serta terlihat berwarna pucat
  6. Jika kondisi ini dibarkan terlalu lama, bukan tidak mungkin lele  didalam kolam akan mati


Dampak Tingkata PH terhadap Kondisi Ikan lele
  • PH 4 : Kematian pada ikan lele
  • PH 5 : Ikan tidak bisa berkembang biak
  • PH 6 : Mengalami penurunan pertumbuhan pada ikan
  • PH 7-8 : Kondisi yang baik untuk ikan tumbuh
  • PH 9 : Mengalami penurunan pertumbuhan pada ikan
  • PH 10 : Ikan tidak bisa berkembang biak
  • PH 11 : Kematian pada ikan lele

Pemanfaatan pohon papaya sebagai media untuk menstabilkan PH didalam air merupakan salah satu cara alternatif yang dapat digunakan. Caranya adalah dengan memasukan daun atau batang atau buah papaya kedalam kolam terutama saat musim hujan tiba.

Demikianlah ulasan mengenai PH Air yang Baik Untuk Ikan Lele. Semoga anda bisa lebih memahami mengenai PH Air yang Baik Untuk Ikan Lele. Semoga Bermanfaat.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget