Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Penyebab Ikan Lele Menjadi Kanibal

Ikan lele merupakan salah satu hewan yang memiliki sifat kanibalisme yang cukup tinggi. Biasanya ikan lele yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar akan memangsa lele yang memiliki ukuran tubuh yang kecil. Bahkan tidak jarang ditemui kasus dimana induk ikan lele memakan anaknya sendiri. Sehingga tanpa disadari populasi ikan lele didalam kolam menjadi berkurang. Hal ini tentu saja sangat merugikan para peternak lele. Untuk itu wajib bagi para peternak ikan lele untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kanibalisme pada kan lele.

Penyebab Ikan Lele Menjadi Kanibal

Taryono.com - Ikan lele merupakan salah satu hewan yang memiliki sifat kanibalisme yang cukup tinggi. Biasanya ikan lele yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar akan memangsa lele yang memiliki ukuran tubuh yang kecil.  Bahkan tidak jarang ditemui kasus dimana induk ikan lele memakan anaknya sendiri. Sehingga tanpa disadari populasi ikan lele didalam kolam menjadi berkurang. Hal ini tentu saja sangat merugikan para peternak lele. Untuk itu wajib bagi para peternak ikan lele untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kanibalisme pada kan lele.


Faktor Penyebab Ikan Lele Menjadi Kanibal


Populasi Ikan yang Terlalu Banyak
Banyak peternak yang memelihara ikan lele dalam jumlah yang banyak numun tidak memperhitungkan daya tampung media pemeliharaan. Hal tersebut mengakibatkan ruang gerak ikan menjadi terbatas dan persaingan dalam mendapatkan makan serta oksigen menjadi tinggi. Suasana tersebut merupakan salah satu faktor yang memicu kanibalisme lele. Untuk itu sangat disarankan untuk menjaga populasi ikan lele didalam kolam sewajarnya saja. Dimana standar normal untuk budidaya ikan lele sendiri adalah 250 ekor/m2.

Perbedaan Ukuran Tubuh
Perbedaan ukuran tubuh lele pada dasarnya disebabkan oleh laju pertumbuhan yang tidak sama dengan benih yang lainnya yang dipengaruhi oleh genetika, kesehatan, ketahanan daya tubuh, serta keagresifan dalam mencari makan. Sehingga ikan lele yang memiliki tubuh yang besar cenderung lebih dominan dalam pergerakan dan mendapatkan pakan. Dengan dominasi yang cukup tinggi membuat lele ini cenderung agrasif serta rakus dan tidak menutup kemungkinan untuk memangsa temannya sendiri.

Ikan Lele Yang Mengalami Stres
Pada dasarnya ikan lele yang mengalami stres diakibatkan oleh kondisi lingkungan. Dimana fluktuasi yang tinggi antara temperatur udara siang hari dan malam hari, kekurangan pakan  serta kepadatan populasi ikan didalam kolam dapat mempengaruhi tingkat stres ikan lele . Ikan lele sendiri sangat cocok dipelihara pada dareah yang memiliki kondisi tenang serta kondusif.

Kekurangan pakan
Selain jumlah pakan yang diberikan, kekurangan pakan juga dapat disebabkan oleh kurang terkondisinya ph dan pasokan oksigen didalam air. Sehingga perkembangbiakan pakan pada kohe menjadi tidak seimbang dengan percepatan pertumbuhan lele. Selain itu kurang sempurnanya proses fermentasi pada kohe yang rendah juga dapat mempengaruhi kekurangan pakan pada ikan. 

Untuk menghindari masalah kanibalisme ikan lele, peternak dapat melakukan perawatan lele secara terjadwal serta jangan terlalu sering menegok atau menagkap ikan diluar jadwal yang ditentukan. Demikianlah ulasan mengenai faktor Penyebab Ikan Lele Menjadi Kanibal. Semoga Bermanfaat.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget