Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Penyebab Ikan Lele Mati Karena Air Hujan

Air merupakan salah satu komponen penting dalam budidaya ikan lele. Meskipun begitu, tidak semua jenis air dapat ditinggali dengan baik oleh ikan lele. Salah satunya adalah air hujan, dimana air hujan memiliki tingkat keasaman (ph) yang cukup tinggi. PH sendiri merupakan derajat keasaman yang digunakan sebagai parameter tingkat keasaman atau kebasaan pada sebuah larutan. Air sendiri memiliki ph netral 7, jadi jika ph air dibawah 7 disebut asam serta diatas 7 berarti basa.

Penyebab Ikan Lele Mati Karena Air Hujan

Taryono.com - Air merupakan salah satu komponen penting dalam budidaya ikan lele. Meskipun begitu, tidak semua jenis air dapat ditinggali dengan baik oleh ikan lele. Salah satunya adalah air hujan, dimana air hujan memiliki tingkat keasaman (ph) yang cukup tinggi. PH sendiri merupakan derajat keasaman yang digunakan sebagai parameter tingkat keasaman atau kebasaan pada sebuah larutan. Air sendiri memiliki ph netral 7, jadi jika ph air dibawah 7 disebut asam serta diatas 7 berarti basa.

Pada ikan lele sendiri batas toleransi ph ada pada kisaran 6 - 9 , namun lele sangat ideal hidup pada kondisi air dengan tingkat ph 7-8. Jika air hujan dibiarkan begitu saja masuk kedalam kolam sehingga tingkat keasaman air didalam kolam menjadi tinggi maka akan muncul bau yang tidak sedap pada air kolam, permukaan air terlihat berbusa sehingga ikan terlihat sangat tidak aktif, ikan lele mengeluarkan lendir secara berlebihan serta terjadi kematian pada ikan lele (pada umumnya ikan lele yang sering mati merupakan lele yang masih kecil)

Dampak Tingkata PH terhadap Kondisi Ikan lele

  • PH 4 : Kematian pada ikan lele
  • PH 5 : Ikan tidak bisa berkembang biak
  • PH 6 : Mengalami penurunan pertumbuhan pada ikan
  • PH 7-8 : Kondisi yang baik untuk ikan tumbuh
  • PH 9 : Mengalami penurunan pertumbuhan pada ikan
  • PH 10 : Ikan tidak bisa berkembang biak
  • PH 11 : Kematian pada ikan lele


Cara mengatasi Kematian Ikan Lele Karena Air Hujan

  1. Gunakan penutup kolam berupa plastik guna mencegah air hujam masuk kedalam kolam
  2. Gunakan plastik transparant uuntuk menutupi kolam. Dimana selain untuk menghindari masuknya air hujan kedalam kolam plastik transparant juga berfungsi sebagai tempat masuknya sinar matahari kedalam kolam
  3. Lakukan penggantian air kolam secara rutin. Ganti air kolam yang ada pada permukaan kolam sebanyak 10 cm saja menggunakan air yang bersih.
  4. Jika tingkat keasaman pada kolam lele sudah terlanjur tinggi, maka kamu dapat melakukan penebaran dolomit/zeolit dengan dosis 500kg/hektar
  5. Cara lain untuk mengurangi tingkat keasaman didalam kolam adalah dengan manfaatan pohon papaya sebagai media untuk menstabilkan PH didalam air. Caranya adalah dengan memasukan daun atau batang atau buah papaya kedalam kolam terutama saat musim hujan tiba. 

Demikianlah ulasan mengenai Penyebab Ikan Lele Mati Karena Air Hujan. Semoga anda bisa lebih memahami mengenai Penyebab Ikan Lele Mati Karena Air Hujan dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget