Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Penyebab Benih Tidak Mau Tumbuh

Salah satu kendala yang dialami oleh orang yang suka bercocok tanam adalah tidak tumbuhnya benih tanaman yang ditanam atau sering disebut tidak mau sprout atau tidak mau mengalami berkecambah. Padahal saat penyemaian sudah dilakukan dengan benar, baik itu menjaga kelembapan ataupun penggunaan media tanam yang benar. Umumnya hal ini terjadi akibat benih yang kadaluarsa atau tidak layak tanam.

Penyebab Benih Tidak Mau Tumbuh

Taryono.com - Salah satu kendala yang dialami oleh orang yang suka bercocok tanam adalah tidak tumbuhnya benih tanaman yang ditanam atau sering disebut tidak mau sprout atau tidak mau mengalami berkecambah. Padahal saat penyemaian sudah dilakukan dengan benar, baik itu menjaga kelembapan ataupun penggunaan media tanam yang benar. Umumnya hal ini terjadi akibat benih yang kadaluarsa atau tidak layak tanam. Selain itu ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi benih tanaman tidak mau tumbuh, antara lain :

Perkecambahan Benih yang Tidak Maksimal
Daya perkecambahan antara benih satu dengan benih lainya memiliki perbedaan satu sama lain. Biasanya saat akan membeli benih yang asli pada kemasan produk akan nampak presentase benih akan tumbuh. Semisal pada benih cabai tertera presentase tumbuh 90% maka artinya dari 100 biji cabai nantinya hanya akan tumbuh 90 tanaman cabai saja.

Kesalaham Saat Menyimpan Benih
Hal ini sering dialami oleh orang yang masih awam dalam dunia bercocok tanam. Dimana saat pertama kali kemasan dibuka dan benih mulai ditanam, benih berhasil tumbuh semua. Namun saat akan menanam benih lagi dikemudian hari benih tidak mau tumbuh. Hal ini disebabkan karena kesalaan pemilik saat menyimpan benih tanaman.
Meskipun tidak semua, ada beberapa jenis benih yang mudah sekali mengalami kerusakan jika berkontak langsung dengan udara serta disimpan pada tempat yang lembab. Sebaiknya setelah benih dibuka dari kemasannya, sisa benih dapat disimpan pada kotak/ wadah yang kedap udara serta jangan simpan kotak tersebut pada tempat yang lembab dan terkena sinar matahari langsung.

Belilah Benih dalam Kemasan Yang Original
Yang dimaksut original disini adalah benih belum pernah dibuka atau dikeluarkan dari kemasan aslinya. Karena saat ini banyak orang yang menjual benih tanaman secara eceran. Meskipun terdengar lebih hemat, namun perlu diperhatikan juga perlakuan penjual terhadap benih eceran yang dijual.

Suhu yang tidak mendukung
Pada dasarnya setiap benih tanaman membutuhkan kondisi yang ideal untuk bisa berkecambah dengan baik. Untuk itu pada media tanam benih jangan diatur terlalu basah, guna menghindari kebusukan pada benih tanaman.

Perhatikan juga penempatan bibit itu sendiri, dimana usahakan bibit tanaman janga secara langsung terkena sinar matahari, karena dapat menyebabkan bibit mati kepanasan. Bibit tanaman cukup disimpan pada tempat yang teduh dengan diberi naungan, serta dalam 1 hari bibit tanaman hanya boleh terkena sinar matahari maksimal 3 jan saja.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget