Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Menghitung Berat Badan Sapi

Cara paling mudah untuk mengetahui berat badan sapi adalah menggunakan timbangan khusus sapi, dimana harga dari timbangan ini sendiri bisa mencapai 10 juta rupiah dan biasanya digunakan oleh peternak-peternak bersekala besar. Sedangkan bagi peternak rakyat, biasanya menghitung berat badan sapi menggunakan rumus-rumus yang ditemukan oleh para ilmuan untuk memperkirakan atau menaksirkan bobot badan sapi. Dimana Rumus Scroll dan Rumus Winter merupakan rumus yang paling sering digunakan. Rumus Scrool sendiri merupakan rumus yang dihitung dari ukuran lingkar dada, sedangkan Rumus Winter dihitung dari lingkar dada dan Panjang badan.

Cara Menghitung Berat Badan Sapi

Salah satu keahlian yang wajib dimiliki oleh peternak sapi adalah mengetahui berat badan sapi. Selain berfugsi sebagai penentu keberhasilan memanajemen pemeliharaan sapi, mengetahui berat badan sapi juga dapat digunaan untuk menghindari kerugian saat akan menjual sapi peliharaan. Cara paling mudah untuk mengetahui berat badan sapi adalah menggunakan timbangan khusus sapi, dimana harga dari timbangan ini sendiri bisa mencapai 10 juta rupiah dan biasanya digunakan oleh peternak-peternak bersekala besar.

Sedangkan bagi peternak rakyat, biasanya menghitung berat badan sapi menggunakan rumus-rumus yang ditemukan oleh para ilmuan untuk memperkirakan atau menaksirkan bobot badan sapi. Dimana Rumus Scroll dan Rumus Winter merupakan rumus yang paling sering digunakan. Rumus Scrool sendiri merupakan rumus yang dihitung dari ukuran lingkar dada, sedangkan Rumus Winter dihitung dari lingkar dada dan Panjang badan. Untuk menghitung lingkar dada maupun Panjang tubuh perhatikan gambar berikut ini.

Cara Menghitung Berat Badan Sapi
  1. Lingkar Dada, Lingkar Dada (LD) diukur dari tulang rusuk paling depan (persis pada belakang kaki depan), yang dilakukan dengan melingkarkan pita ukur pada bagian tersebut
  2. Tinggi Pundak, Tinggi Pundak dihitung dengan cara mengukur jarak tegak lurus dari tanah sampai pada bagian puncak pundak belakang punuk
  3. Panjang Badan, Panjang Badan dihitung dengan cara mengukur jarak Panjang dari titik bahu ke tulang duduk
  4. Tinggi Pinggul, Tinggi Pinggul dihitung dengan mengukur jarak tegak lurus dari tanah ke puncak pinggul

Untuk menentukan berat badan sapi sendiri dapat dihitung menggunakan beberapa rumus, antara lain

Rumus Schoorl Denmark

 Rumus Schoorl Denmark


Keterangan :
BB = Berat Badan (kg)
LD = Lingkar Dada (cm)

Contoh :
Diketahui Seekor sapi memiliki ukuraan lingkar dada 230 cm, maka hitung perkiraan bobot badan sapi tersebut menggunakan rumus sebagai berikut :






Rumus Schoorl Indonesia





Keterangan :
BB = Berat Badan (kg)
LD = Lingkar Dada (cm)

Contoh :
Diketahui Seekor sapi memiliki ukuraan lingkar dada 200 cm, maka hitung perkiraan bobot badan sapi tersebut menggunakan rumus sebagai berikut :






Rumus Winter Eropa/Rumus Scheiffer





Keterangan :
W = Berat Badan dengan satuan lbs jadi untuk mengubahnya menjadi kg, kita harus mengalikannya dengan 0,453592
BB = Berat Badan (kg)
LD = Lingkar Dada (inci)
PB = Panjang Badan (inci)

Contoh :
Diketahui Seekor sapi memiliki ukuraan lingkar dada 90 inci dan Panjang badan 70 inci , maka hitung perkiraan bobot badan sapi tersebut menggunakan rumus sebagai berikut :





BB   =  W X  0,453592
         = 1890 X 0,453592
         = 857,28 kg


Rumus Winter Indoneisa





Keterangan :
BB = Berat Badan (kg)
LD = Lingkar Dada (cm)
PB = Panjang Badan (cm)

Contoh :
Diketahui Seekor sapi memiliki ukuraan lingkar dada 228 cm dan Panjang badan 117 cm , maka hitung perkiraan bobot badan sapi tersebut menggunakan rumus sebagai berikut :






Menghitung berat badan sapi menggunakan table lingkar dada

Cara Menghitung Berat Badan Sapi
Tabel Berat Badan Sapi

Contoh :
Diketahui Seekor sapi memiliki ukuraan lingkar dada 186 , maka dapat dihitung dengan cara mengambil nilai ratusan dan puluhan dari hasil lingkar dada yaitu 180 dan cari angka 180 pada kolom vertikal paling kiri. Lalu cari angka 6 pada kolom horizontal paling atas yang didapat dari nilia satuan lingkar dada tadi yaitu 6. Kemudian Tarik garis lurus dari masig-masing kolam dan garis yang saling bertemu merupakan hasil dari perkiraan berat badan sapi, yaitu 367 kg (lihat table atas)

Saat akan membeli sapi dengan metode ditimbang maka perhatikan kondisi perut dari sapi. Jika perut terlihar besar, buncit, serta menggantung sebaiknya jangan memilih sapi tersebut, karena adanya indikasi kecurangan yang diperbuat oleh penjual untuk memberatkan timbangan dengan memberi makan atau minum secara pakasa kepada sapi.

Sedangkan jika akan membeli sapi dengan metode rumus untuk mengetahui berat sapi, maka perhatikan bangsa / jenis sapi, Pakan yang diberikan sehari-hari, ada atau tidaknya perlakuan khusus sebelum sapi dijual, serta lihat kondisi fisiknya. Karena rumus diatas hanyalah merupakan alat bantu saja, dan sangat disarankan untuk menggunakan timbangan sebagai media menentukan bobot dari sapi.
Demikianlah ulasan mengenai Cara Menghitung Berat Badan Sapi. Semoga anda bisa lebih memahami mengenai Cara Menghitung Berat Badan Sapi dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget