Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Cara Mengetahui Kehamilan pada Kambing

Cara Mengetahui Kehamilan pada Kambing

Taryono.com - Setelah melakukan proses pengawinan pada kambing, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah kehamilan pada kambing peliharaan. Karena pada dasarnya untuk mengetahui kehamilan pada kambing merupakan suatu hal yang gampang-gampang susah, Terlebih lagi jika kambing yang dipelihara baru pertama kali mengalami kehamilan, maka ciri-cirinyapun berbeda dengan kambing yang telah mengalami beberapa kali kehamilan.

Ciri-ciri kambing hamil pertama kali atau dara hamil

Pada umumnya kambing yang baru pertama kali mengalami kehamilan pada fisiknya tidak mengalami perubahan yang signifikan, bahkan pada usia kehamilan 3 bulan kambing belum menunjukan prubahan fisik yang signifikan. Sehingga cukup sulit bagi para peternak untuk mengatahui kehamilan pada kambing peliharaanya. Berikut ini merupakan beberapa ciri kambing yang baru pertama kali bunting.

  1. Kulit kambing terlihat lebih kendor
  2. Kambing berprilku lebih jinak
  3. Nafsu makan bertambah
  4. Badan kambing terlihat sedikit lebih gemuk dari biasanya
  5. Bulu menjadi lebih mengkilat serta kambing sering mengalami kerontokan pada bulunya
  6. Pusar pada perut kambing melebar

Setelah usia kehamilan pada kambing dara mencapai 3 bulan, maka untuk mengenali kehamilan pada kambing akan jauh lebih mudah dengan melihat perubahan fisik yang dialami oleh kambing.

Ciri-ciri kambing yang sudah pernah hamil

Berbeda dengan kambing yang baru pertama kali mengalami kehamilan yang sulit untuk diidentifikasi. Kambing yang sudah pernah mengalami kehamilan sebelumnya  akan jauh lebih mudah untuk dikenali kehamilannya. Biasanya pada usia kehamilan 2 bulan kambing akan menunjukan perubahan pada fisik ataupun sifatnya, berikut cirinya.

  1. Pada bagian ambigu kambing yang hamil akan mengalami pembesaran serta mengeluarkan cairan yang lengket pada bagian ambigunya
  2. Pada pusar kambing terlihat melebar
  3. Bagian serviks mengeluarkan cairan berwarna putih
  4. Perut mulai mengalami pembesaran
  5. Pada bagian pangkal pinggul melebar
  6. Nafsu makan mengalami peningkatan
  7. Kambing terlihat lebih tenang dan tidak gelisah

Jika telah memastikan bahwa kambig benar-benar mengalami kehamilan, Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menjaga kondisi kambing betina yang hamil agar selalu sehat. Dimana segeralah memisahkannya dari kambing jantan serta selalu memberikan pakan yang berkualitas bagi kambing betina yang sedang hamil.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Mengetahui Kehamilan pada Kambing. Semoga anda bisa lebih memahami Cara Mengetahui Kehamilan pada Kambing dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat.
Cara Mengetahui Kehamilan pada Kambing Reviewed by ibnu facrudin on September 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.