Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Memangkas pucuk Tanaman Cabai Agar Berbuah Lebat

Dengan harga cabai yang tidak stabil, banyak orang saat ini yang menanam cabai sendiri di perkarangan rumah. Meskipun begitu banyak dari mereka yang mengeluhkan hasil dari menanam cabai yang tidak begitu maksimal. Salah satu cara untuk meningkatkan produktifitas tanaman cabe adalah dengan cara melakukan pemangkasan pada tanaman. Dimana pemangkasan tanaman cabai bertujuan untuk memperbanyak jumlah cabang produktif, yang mana cabang-cabang tersebut nantinya akan menjadi tempat munculnya bunga cabai.

Cara Memangkas pucuk Tanaman Cabai Agar Berbuah Lebat

Cabai merupakan salah satu komoditas utama bagi masyarakat indonesia. Salah satu penyebabnya yaitu tidak lain masakan indonesia yang tidak bisa lepas dari kata pedas. Meskipun merupakan salah satu komoditas utama, namun nyatanya produksi cabai saat ini belum mampu untuk mencukupi permintaan pasar, sehingga membuat harga cabai menjadi mahal. 

Dengan harga cabai yang tidak stabil, banyak orang saat ini yang menanam cabai sendiri di perkarangan rumah. Meskipun begitu banyak dari mereka yang mengeluhkan hasil dari menanam cabai yang tidak begitu maksimal. Salah satu cara untuk meningkatkan produktifitas tanaman cabe adalah dengan cara melakukan pemangkasan pada tanaman. Dimana pemangkasan tanaman cabai bertujuan untuk memperbanyak jumlah cabang produktif, yang mana cabang-cabang tersebut nantinya akan menjadi tempat munculnya bunga cabai. Sehingga semakin banyak cabang yang dimiliki suatu tanaman cabai, semakin banyak pula cabai yang dihasilkan.


Cara Memangkas Pucuk Tanaman Cabai

  1. Siapkan alat pemotong yang steril seperti gunting yang telah dicuci menggunakan air atau alkohol. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjangkitnya tanaman cabai dari jamur yang disebabkan oleh luka akibat proses pemotongan menggunakn gunting
  2. Siapkan tanaman cabai yang minimal telah berusia 14 hari setelah tanam atau minimal menunjukan 5-7 helai daun. Hal ini dilakukan untuk menghindari tanaman cabai mengalami stres serta tanaman masih menyisakan daun untuk melakukan proses fontosintesis
  3. Potonglah batang cabai pada bagian atas serta ambil tunas pucuk sebanyak 3-5 daun dengan mengguntingnya secara miring menghadap keatas. Maka pada permukaan batang akan terlihat miring secara diagonal, sehingga kerkan terkena hujan air tidak akan menggenang untuk menghindari terjangkitnya tanaman dari jamur.
  4. Tanaman cabai mulai akan menampakan hasil setelah 3 hari setelah pemangkasan.

Sangat direkomendasikan menggunkan bibit tanaman cabai berjeis rawit serta cabai merah untuk mendapatkan hasil yang masimal. Dimana proses pemangkasan ini dapat meningkatkan produksi cabai hingga 50%. Namun perlu diperhatikan, tanaman cabai yang dalam proses pemangkasan, pada daerah tanah akan mudah sekali tumbuh gula untuk itu kamu harus sering-sering melakukan penyiangan untuk menghindari datangnya hama dan penyakit.

Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget