Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Memancing Lebah Madu Liar dengan Mudah

Untuk memanggil lebah liar sendiri dapat dikatakan gampang-gampang susah, karena terdapat teknik-teknik tersendiri agar lebah liar mau datang secara sukarela kedalam kandang/glodok yang telah disiapkan sebelumnya. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam proses pemanggilan lebah adalah lingkungan yang mendukung. Dimana pada lingkungan tersebut setidaknya terdapat sumber makanan yang cukup berupa nektar serta pollen. Perhatikan juga lingkungan sekitar apakah dijumpai kloni lebah di tempat tersebut.

Cara Memancing Lebah Madu Liar dengan Mudah

Taryono.com - Pada artikel Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah banyak yang bertanya mengenai bagaimana  cara memangil lebah liar agar mau datang dan menempati rumah yang telah disediakan. Untuk memanggil lebah liar sendiri dapat dikatakan gampang-gampang susah, karena terdapat teknik-teknik tersendiri agar lebah liar mau datang secara sukarela kedalam kandang/glodok yang telah disiapkan sebelumnya.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam proses pemanggilan lebah adalah lingkungan yang mendukung. Dimana pada lingkungan tersebut setidaknya terdapat sumber makanan yang cukup berupa nektar serta pollen. Perhatikan juga lingkungan sekitar apakah dijumpai kloni lebah di tempat tersebut.

Langkah selanjutnya adalah membuat rumah yang kelak akan ditinggali kloni lebah atau sering disebut dengan istilah glodok. Bahan yang paling bagus untuk membuat glodok adalah kayu glugu, dimana ketebalan kayu yang baik untuk dibuat glodok adalah 2 cm guna menjaga suhu didalam glodok agar tetap hangat. Namun jika kamu hendak menggunakan kayu bekas maka perlu diperhatikan apakah pada kayu tersebut terdapat bekas oli, cat atau bahan kimia lainya yang dapat berbahaya bagi lebah. Jika ada kamu dapat membersihkannya dengan cara merendamnya menggunakan air.

Kemudian setelah kayu terkumpul, buatlah glodok berbentuk balok dengan bagian atasnya yang diberi engsel agar mudah untuk dibuka tutup. Selanjutnya buatlah beberapa lubang dengan diameter 1-2 cm pada sisi samping glodok sebagai akses keluar masuk kloni lebah. Untuk mempermudah dalam pemanggilan lebah, sangat disarankan untuk mengolesi glodok dengan malam bekas perasan madu atau menggunakan malam dari sisiran tua yang telah kosong guna memunculkan aroma khas lebah pada glodok.

Setelah glodok siap, selanjutnya tempatkan glodok pada tempat yang tepat. Dimana lebah sendiri sangat menyukai tempat dengan suasana yang teduh serta tidak panas seperti di teras belakang rumah atau dekat dengan pohon. Untuk mnghindari hewan pengganggu seperti semut dan tokek masuk kedalam glodok sebelum lebah datang, kamu dapat mengatasinya dengan cara mengoleskan vaselin pada tiang penyangga glodok untuk semut. Sedangkan untuk tokek dapat dihiindari dengan cara meminimalkan ukuran lubang pada glodok tempat lebah keluar masuk, yang bertujuan supaya tokek tidak dapat masuk kedalam glodok.

Jika semua persiapan diatas telah selesai dikerjakan, maka hal selanjutnya yang harus dikerjakan adalah menunggu lebah untuk datang. Biasanya lebah liar akan mencari sarang barunya pada musim pemecahan kloni yang terjadi pada pertengahan atau pada akhir musim bunga. Selain itu lebah juga akan berpindah dari sarang lamanya jika ketersediaan pakan di lingkungan yang ditinggali lebah telah menipis. Biasanya proses ini membutuhkan waktu antara 2-8 bulan.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Memancing Lebah Madu Liar dengan Mudah. Semoga anda bisa lebih memahami Cara Memancing Lebah Madu Liar dengan Mudah dan berhasil untuk menerapkannya. Semoga Bermanfaat.

Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget