Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Cara Budidaya Kacang Panjang di Perkaragan Rumah

Cara Budidaya Kacang Panjang di Perkaragan Rumah
Tanaman Kacang Panjang

Taryono.com - Kacang panjang merupakan tumbuhan/tanaman yang sering dimanfaatkan menjadi sayuran atau lalapan. Selain enak untuk dijadikan olahan makanan ternyata kacang Panjang memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, dimana didalam kacang Panjang mengandung vitamin A, thiamine, riboflavin, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, mangan, serta merupakan sumber protein yang baik. Selain itu tanaman kacang Panjang merupakan tanaman yang dapat memulihkan kandungan nitrogen yang ada pada tanah, oleh karena itu banyak petani yang memanfaatkannya dengan menanam kancang Panjang di sela-sela tanaman lainnya.

Tanaman kacang Panjang merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh di daerah mana saja dengan iklim apa saja. Sehingga untuk bisa menanam kacang Panjang tidak memerlukan keahlian khusus dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Jika anda memiliki lahan yang kososng, tidak ada salahnya untuk ditanami kacang Panjang. Selain dapat dikonsumsi sendiri menanam kacang Panjang juga dapat mendatangkan keuntungan berupa uang dengan cara menjual hasil panen kacang Panjang. Jika anda tertarik untuk Budidaya kacang Panjang berikut ini merupakan syarat-syarat tumbuh kacang Panjang agar hasil dari kacang Panjang dapat maksimal.
  1. Meskipun dapat tumbuh disemua iklim, Namun kacang Panjang tumbuh sangat baik pada suhu disekitar lahan antara 25 – 30 derajat Celsius dengan curah hujan sekitar 700 – 1200 mm/th.
  2. Kacang Panjang tumbuh sangat baik pada lahan latosol atau lempung berpasir, subur, gembur, serta kaya akan unsur hara.
  3. Perhatikan pula tingkat keasaman tanah, dimana PH yang cocok bagi kacang Panjang adalah 5 – 6 (PH netral). Jika tanah memiliki tingkat keasaman tinggi anda dapat melakukan pengapuran terlebih dahulu pada tanah yang akan ditanami, namun jika tanah terlalu basa maka anda dapat melakukan pencampran tanah yang akan ditanami menggunakan belerang.
  4. Perhatikan pula ketinggian lahan, dimana kacang Panjang sangat cocok ditanam pada ketinggian lahan 800 meter diatas permukaan laut dengan iklim kering. Meskipun begitu kacang Panjang masih dapat tumbuh pada semua ketinggian dan semua iklim.

Setelah memperhatikan aspek-aspek sebelum menanam kacang Panjang, berikut ini merupakan tahap-tahap Budidaya Kacang Panjang,

Persiapan Benih

Untuk mendapatkan benih kacang Panjang dapat dibeli  di toko pertanian. Namun jika benih sulit unutk didapatkan anda dapat mencari dari tanaman kacang Panjang yang sehat dan berproduksi dengan baik, pilihlah kacang Panjang yang telah mengering untuk dijadikan sebagai bibit. Untuk mendapatkan tanaman kacang Panjang yang berkualitas perlu diperhatikan pula bibit yang akan ditanam, dengan memperhatikan aspek-aspek berikut ini :
  1. Bibit memiliki tampilan kusam
  2. Biji kacang Panjang memiliki ukuran yang besar
  3. Usahakan untuk memilih benih kacang Panjang yang memiliki umur tua atau terlihat bernas pada benih
  4. Perkecambahan pada bibit kacang Panjang lebih dari 90%
  5. Tidak mengandung penyakit maupun hama pada tanaman
  6. Bibit tidak mengalami cacat atau rusak
  7. Untuk mengngetes kualitas dari benih kacang Panjang, anda dapat memasukan benih kedalam wadah yang terisi air. Jika benih tenggelah maka biji tersebut termasuk biji yang baik.

Persiapan Lahan

Sebelum melakukan penanaman benih kacang Panjang, hal yang harus dipersiapakan terlebih dahulu adalah pengolahan lahan yang baik dan benar, berikut ini merupakan cara pengolahan lahan untuk budidaya kacang Panjang.
  1. Cangkul lahan yang akan digunakan untuk ditanami kacang Panjang. Hal ini dilakukan supaya tanah menjadi gembur serta lahan terbebas dari gulma atau bekas tanaman sebelumnya yang dapat megganggu proses tumbuh kacang Panjang nantinya.
  2. Untuk menambah ketersediaan unsur hara pada tanah, anda dapat menambahkan pupuk kendang degan dosis 1 ton untuk setiap 1 hektar lahan.
  3. Diamkan lahan selama kurang lebih 7 hari, guna memastikan bahwa pupuk kendang telah tercampur sempurna dengan tanah.
  4. Buatlah bedengan dengan Panjang sesuai dengan kebutuhan atau Panjang lahan , lebar kurang lebih 80 cm, serta memiliki tinggi krang lebih 30 cm.
  5. Buatlah jarak bedengan dengan bedengan lainnya antara 40 – 50 cm.
  6. Buat lubang pada bedengan untuk ditanami benih dengan kedalaman 5 cm dan jarak tanam 30 cm X 40 cm.
Sebenarnya untuk tahap nomor 4 - 6 tidak wajib untuk dilakukan, karena tujuan utama dari bedengan hanyalah untuk memperlancar proses pengairan pada area lahan dan biasanya digunakan oleh para petani untuk meratakan penyerapan air dan membuat tanah menjadi cepat mengering.

Penanaman Kacang Panjang

Waktu paling baik dalam menanam kacang Panjang adalah pada awal musim penghujan. Hal ini bertujuan agar pasokan air untuk tanaman kacang Panjang tercukupi. Selanjutnya Buat lubang pada lahan atau pada bedengan untuk ditanami benih dengan kedalaman 5 cm dan jarak tanam 30 cm X 40 cm.
Kemudian masukanlah benih kacang Panjang kedalam lubang yang telah disiapkan, dimana untuk satu lubangnya dapat diisi oleh 2 benih. Lalu tutup benih kacang Panjang tadi menggunakan tanah tipis atau menggunakan abu dapur yang dicampur dengan pupuk kendang.

Pemeliharaan Tanaman Kacang Panjang

Selepas proses penanaman benih kacang Panjang hal yang harus di lakukan adalah memberikan pengairan yang cukup pada benih tanaman kacang Panjang. dimana penyiraman dapat dilakukan secara rutin pada sore dan pagi hari. 
Selain itu perhatikan pula benih yang tidak tumbuh sempurna, terserang penyakit, maupun mati dan segera lakukan penggantian dengan bibit yang baru, proses ini sering disebut petani dengan istilah penyulaman tanaman. Penyulaman Tanaman pada Kacang Panjang sendiri dapat dilakukan pada saat usia benih 5 - 7 hari, guna mendapatkan tanaman kacang panjang yang tumbuh secra serempak.

Setelah benih tumbuh dengan ketinggian kira-kira 25 cm atau saat usia benih menggnjak hari ke-10, maka lakukanlah pemasangan ajir (penyangga). Kegunaan dari ajir sendiri adalah sebagai media untuk merambat tanaman kacang Panjang sehingga kacang Panjang nantinya tidak membusuk karena menyentuh tanah. Untuk membuat ajir dapat menggunakan bahan kayu atau bambu yang kuat dengan keinggian 2 meter dan ditancapkan ketanah dengan kedalaman minimal 180 cm. untuk memperkuat ajir kamu dapat menghubungkan ajir satu dengan ajir lainnya menggunakan bamboo atau kayu.

Hal penting lainnya dalam pemeliharaan tanaman kacang Panjang adalah proses penyiangan lahan. Penyiangan yaitu proses pembersihan lahan dari tanaman pengganggu berupa rumput atau gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman kacang Panjang. Untuk membasmi rumput kamu hanya perlu mencabuti satu per satu rumput yang mengganggu, sedangkan untuk membasmi gulma kamu dapat menyemprotkan herbisida 1 ml untuk setiap 1 liter air.

Pemupukan Susulan

Selain menggunakan pupuk kendang, untuk menjaga ketersediaan nutrisi didalam tanah guna mencukupi kebutuhan dari tanaman kacang Panjang diperlukan pula pupuk anorganik. Untuk pemberian pupuk susulan dapat dilakukan saat tumbuhan berusia 45 hari. Untuk setiap 1 meter persegi lahan dapat diberi pupuk urea sebanyak 0, kg, SP-36 sebanyak 1 kg, serta KCL sebanyak 1 kg. Buatlah lubang pada sekitar tanaman kacang Panjang dan masukanlah pupuk kedalam lubang tersebut.

Penanggulangan Hama Tanaman Kacang Panjang

Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya kacang Panjang adalah Penanggulangan Hama dan penyakit. Dimana ulat, lalat, aphids, kutu kebul, ulat tanah, ulat polong serta penyakit bercak daun merupakan hal-hal yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman kacang Panjang.
Untuk mengatasi hama dan penyakit pada tanamn kacang Panjang dapat dilakukan penyemprotan menggunakan insektisida berbahan aktif metomil atau deltametrin dengan dosis 2 ml/liter air. Penyemprotan insektisida dapat dilakukan saat tanaman berusia 2 minggu dan dilakukan pada sore hari atau setelah pukul 4 sore.

Pemanenan Kacang Panjang

Kacang Panjang dapat dipanen saat usia tanaman 3 – 4 bulan yang dihitung sejak bibit ditanam , atau jika kacang Panjang telah berwarna hijau tua dan padat berisi, serta kulit lebih keras dan terasa berat. Lakukanlah pemanenan pada pagi hari sebelum matahari tinggi, guna mendapatkan kacang Panjang yang segar. Potonglah tangkai polong menggunakan pisau atau gunting dan sortir kacang Panjang sesuai dengan kualitasnya. Untuk pemanenan berikutnya dapat dilakukan seminggu sekali setelah pemanenan pertama.

Selain menggunakan lahan pertanian yang luas anda juga dapat menerapkan tahapan-tahapan diatas pada perkarangan rumah. Demikianlah ulasan mengenai cara menanam kacang Panjang dengan hasil yang optimal. Semoga Bermanfaat.

Cara Budidaya Kacang Panjang di Perkaragan Rumah Reviewed by ibnu facrudin on September 03, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.