Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

8 Jenis Ikan Pemakan Lumut untuk Aquascape

8 Jenis Ikan Pemakan Lumut untuk Aquascape

Taryono.com - Munculnya lumut atau alga didalam aquascape memang sulit untuk dihindari. Salah satu faktor yang mempercepat munculnya lumut pada aquascape adalah pemberian cahaya yang berlebiah dari lampu LED. Lumut akan menempel pada kaca, batu, kayu serta daun yang membuat tampilan aquascape menejadi kurang indah. Maka dari itu diperlukan suatu tindakan pengendalian terhadap lumut atau alga untuk menjaga keindahan dari aquascape.

Sebenarnya untuk membersihkan lumut atau alga didalam aquarium cukup cepat dan mudah, tergantung dari seberapa banyak lumut yang berada di aquascape. Jika jumlah lumut sudah terlanjur banyak dan sangat menganggu, anda dapat menggunakan Teknik black out untuk menghilangkan lumut atau alga. Namun jika jumlah lumut didalam aquarium masih dalam jumlah yang wajar, anda dapat menggunakan cara alternatif berupa ikan pemakan lumut atau alga (Alga Eater).

Selain dapat membersihkan dan mencegah munculnya lumut atau alga didalam aquascape, ikan pemakan lumut juga dapat menambah keindahan dari aquascape itu sendiri. Berikut ini merupakan 8 jenis ikan pemakan lumut untuk aquascape ,

8 Jenis Ikan Pemakan Lumut untuk Aquascape


Ikan CAE (Chinese Alga Eater)

8 Jenis Ikan Pemakan Lumut untuk Aquascape
Ikan CAE (Chinese Alga Eater)

Ikan Chinese Alga Eater atau sering disingkat sebagai ikan CAE merupakan ikan herbivora pemakan lumut didalam air, berwarna kuning dan putih. Ikan yang sering disebut lemon algae eater dapat tumbuh hingga ukuran 28 cm dan hanya memakan lumut atau alga saat ketika masih kecil saja. Saat mulai dewasa ikan ini akan mulai berhenti untuk memakan lumut atau alga serta mulai menganggu ikan lainya didalam aquascape, untuk itu segera keluarkan ikan ini dari dalam aquascape jika telah dewasa.

Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

8 Jenis Ikan Pemakan Lumut untuk Aquascape
Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

Ikan Siamese Algae Eater atau sering disingkat sebagai ikan SAE merupakan salah satu ikan pemakan alga yang popular dikalangan pecinta aquascape. Berbeda dengan ikan CAE yang suka menganggu ikan lainya, ikan SAE cenderung lebih dapat bersahabat dengan ikan lainnya. Selain memakan lumut atau alga, ikan SAE juga dapat memakan cacing pipih yang dapat menganggu ekosistem didalam aquascape.

Ikan Oto (Otocinclus Affinis)

Otocinclus Affinis
Otocinclus Affinis

Ikan Oto (Otocinclus Affinis) berasal dari perairan berazil tenggara. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil hanya sekitar 4 cm, namun memiliki tenaga yang cukup besar untuk membersihkan aquarium dari serangan lumut atau alga. Karenanya ikan ini sering diburu oleh para para pecinta aquascape untuk membersihkan aquariumnya dari lumut atau alga. Selain itu ikan ini juga merupakan ikan yang dapat bersahabat dengan ikan lainnya. Namun sayangnya ikan ini tergolong ikan yang sulit untuk didapatkan, kalaupun ada harganya akan cukup mahal.

Ikan Corydoras

Ikan Corydoras
Ikan Corydoras

Selain dapat memakan lumut atau alga, Ikan Corydoras juga efektif dalam membersihkan sisa-sisa makanan yang berada didasar aquarium. Selain itu ikan ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias, karena memiliki bentuk dan warna yang unik.


Ikan Brushmouth

Ikan Brushmouth
Ikan Brushmouth

Ikan Brushmouth merupakan ikan yag termasuk dalam jenis ikan pleco atau di Indonesia sering disebut sebagai ikan sapu-sapu. Selain efektif untuk menghilangkan lumut atau alga khususnya alga berjenis green spot, ikan ini juga dapat digunakan sebagai ikan hias. Karena Ikan Brushmouth sendiri memiliki banyak sekali jenis dan setiap jenisnya memiliki keunikan masing-masing.

Selain 5 jenis ikan pemakan alga diatas, ada juga beberapa hewan air yang dapat membantu dalam membasmi dan mencegah lumut atau alga didalam aquascape, berikut ini adalah beberapa hewannya.


Udang Amano

Udang Amano
Udang Amano

Udang yang memiliki nama asli Japonica Amano Shrimp ini merupakan udang yang memiliki nafsu makan yang tinggi terhadap lumut atau alga air tawar. Selain itu udang amano juga suka memakan sisa-sisa makanan yang ada didasar quarium. Sehingga udang ini merupakan udang yang efektif untuk menjaga aquascape selalu bersih dan indah.

Keong Tanduk

Keong Tanduk
Keong Tanduk

Selama ini kita beranggapan bahwa keong adalah hama pengganggu, namun ternyata ada beberapa jenis keong yang dapat bermanfaat bagi manusia. Salah satunya adalah jenis keong tanduk yang suka memakan lumut atau alga. Ciri dari keong ini yang membedakan dengan keong pada unumnya adalah adanya tanduk yang berada dicangkangnya.

Keong Turbo

Keong Turbo
Keong Turbo

Selain keong tandunk, jenis keong pemakan lumut atau alga lainnya adalah keong turbo. Keong Turbo sendiri memiliki motif yang beragam dan sangat rakus dalam memakan lumut atau alga, sehingga sangat cocok untuk ditempatkan didalam aquascape.

Demikianlah ulasan mengenai 8 Jenis Ikan Pemakan Lumut untuk aquascape. Semoga anda bisa lebih memahami mengenai Fauna Pemakan Alga Alami Untuk Aquascape serta penerapannya. Semoga Bermanfaat.

8 Jenis Ikan Pemakan Lumut untuk Aquascape Reviewed by ibnu facrudin on September 08, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.