Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Mengatasi Hama pada Pohon Kelapa

ada beberapa jenis penyakit dan hama yang dapat merusak pohon kelapa. Hama pada pohon kelapa sendiri dibagi menjadi beberapa golongan yaitu jenis hama perusak pucuk, jenis hama perusak daun, jenis hama perusak bungga, jenis hama perusak buah, serta jenis hama perusak tanaman kelapa itu sendiri.

Cara Mengatasi Hama pada Pohon Kelapa
Cara Mengatasi Hama pada Pohon Kelapa

Tanaman Kelapa diperkirakan berasal dari daerah sekitar Samudra Pasifik tepatnya didaerah Melanesia. Kelapa  (Cocos nucifera) sendiri meruapakan salah satu tanaman yang hampir seluruh bagian pohonnya dapat dimanfaatkan oleh manusia, dari buah, daun, batang hingga akarnya dapat dimanfaatkan. Di Indonesia sendiri tanaman ini cukup popular dikalangan pembudidaya, selain memiliki buah yang digemari oleh masyarakat tanaman kelapa tergolong tanaman yang cukup kuat serta mudah untuk dibudidayakan. Meskipun demikian buakan berarti pohon kelapa tidak memiliki hama atau penyakit, karena ada beberapa jenis penyakit dan hama yang dapat merusak pohon kelapa.  Hama pada pohon kelapa sendiri dibagi menjadi beberapa golongan yaitu jenis hama perusak pucuk, jenis hama perusak daun, jenis hama perusak bungga, jenis hama perusak buah, serta jenis hama perusak tanaman kelapa itu sendiri. berikut ini adalah Jenis hama pohon kelapa dan caranya mengatasinya.

Macam – Macam Hama Pohon Kelapa


Kumbang nyiur (Oryctes Rhinoceros)

Cara Mengatasi Hama pada Pohon Kelapa
Kumbang nyiur
Kumbang nyiur biasanya memiliki ukuran tubuh 20-40 mm serta memiliki warna tubuh hitam yang dilengkapi cula pada kepalanya. Kumbang jenis ini termasuk dalam hama yang menyerang pucuk tanaman kelapa. Gejala yang diakibatkan oleh hama ini tergolong mudah untuk dipahami, berikut ini adalah gejala-gejalanya.
  1. Umumnya menyerang tanaman kelapa yang berumur 1-2 tahun
  2. Jika tanaman kelapa yang masih berusia 0-1 tahun diserang Kumbang nyiur maka akan menimbulkan kematian pada titik tumbuh pohon kelapa. Hal ini ditandai dengan munculnya lubang pada pangkal batang pohon kelapa.
  3. Pada tanaman kelapa dewasa akan muncul lubang pada pelepah termuda yang belum terlihat dan terbuka.
  4. Ciri khas dari serangan hama ini adalah pada bagian janur akan terlihat seperti digunting dengan bentuk segitiga.

Untuk mengatasi Kumbang Nyiur pada Pohon Kelapa adalah sebagai berikut :
  1. Memberikan pestisida Carbaryl (sevin 5G) atau Carbofura (furadan 3G) 10/ pohon dengan pemberian 2 bulan sekali secara teratur
  2. Memanfaatkan virus Mettarisium Arrisophiae dan Bacullovirus Orycte.
  3. Selalu menjaga kebersihan pada kebun kelapa, baik itu dari sampah, tanaman pengganggu serta sisa-sisa dari penebangan pohon kelapa.

Kumbang sagu (Rhynchophorus ferruginous)

Kumbang sagu memiliki warna tubuh coklat kemerahan atau hitam berukuran sebesar kacang kenari yang dilengkapi dengan moncong Panjang meruncing. Kumbang jenis ini biasanya ditemukan pada batang kelapa, aren, salak dan kirai. Pada tanaman kelapa sendiri kumbang sagu biasanya berada pada bagian pucuk tanaman kelapa dari telur sampai dewasa. Gejala yang ditimbulkan oleh kumbang sagu adalah sebagai berikut.
  1. Kumabng sagu menyerang akar pada tanaman kelapa muda
  2. Sedangkan pada tanaman kelapa dewasa, kumbang sagu merusak tajuk yang mengakibatkan patah pucuk.
  3. Akan muncul lendir berwarna cokelat pada lingkar gerak pada tanaman kelapa.

Untuk mengatasi Kumbang Sagu pada Pohon Kelapa adalah sebagai berikut :
  1. Tebang dan bakar pohon yang telah terjangkit kumbang sagu, dengan tujuan tidak menyebarnya hama ke tanaman lain.
  2. Selalu jaga kebersihan pada perkebunan kelapa.
  3. Gunakan insektisida Thiodan 35 EC 2-3 cc/liter larutan, sevin 85 SP dan Basudin 10 G pada bagian yang diserang Kumbang Sagu.
  4. Hindari luka pada tanaman kelapa.

Sexava SP
Hama jenis ini berbentuk belalang sempurna berdiameter 70-90 mm berwarna hijau atau cokelat. Hama jenis ini menyerang dengan cara merusak daun pada tanaman kelapa. Gejala yang timbul setelah tanaman kelapa terkena hama ini adalah sebagai berikut.
  1. Rusaknya daun tua pada tanaman kelapa, tak jarang juga hama ini menyerang daun yang masih muda.
  2. Hama jenis ini biasaya muncul paling banyak pada musim kemarau.
  3. Selain daun Sexava SP juga menyerang kulit buah serta bunga pohon kelapa.
  4. Daun pada tanaman kelapa akan habis dan hanya menyisihkan lidi-lidinya saja pada saat serangan tengah tinggi-tingginya (terjadi pada musim kemarau).

Untuk mengatasi Sexava SP pada Tanaman Kelapa adalah sebagai berikut :
  1. Secara mekanis hama jenis ini dapat diatasi dengan cara menghancurkan telur serta nimfanya, menangkapi belalang guna mencegah betina bertelur di pangkal pohon, serta mencegah nimfa yang hendak naik keatas pohon.
  2. Secara kultur teknis hama jenis ini dapat diatasi dengan cara menanam tanaman penutup tanah (LCC), seperti Calopogonium muconoides Desv, Centrosema pubescens Benth, Mimosa invisa Mart, Peuraria phaseoloides Benth, Centrosema sp, Calopogonium sp, dan sebagainya disekitar tanaman kelapa.
  3. Secara Biologis hama jenis ini dapat diatasi dengan cara menggunakan parasite leefmansia bicolor meskipun hasil yang didapat kurang memuaskan.
  4. Selain ke-3 cara diatas, kamu juga dapat menggunakan insektisida, semisalnya BHC atau endrin 19.2 EC 2 cc/liter air, yang disemprotkan disekitaran area pangkal batang tanaman kelapa hingga ketinggian 1 meter dan area tanah disekitar pangkal batang hingga berdiameter 1.5 meter, gunakan 6 liter untuk setiap pohonnya.

Ngengat Bunga Kelapa (Batrachedra SP.)

Mengatasi Hama pada Pohon Kelapa
Ngengat Bunga Kelapa
Ngengat Bunga Kelapa sendiri termasuk hama yang menyerang dengan cara merusak bunga pada tanaman kelapa. Dimana hama ini menyerang bunga jantan dan betina dengan cara menggerek bunga jantan dan betina dan memakan serbuk sari. Gejala yang timbul jika tanaman kela terserang Ngengat Bunga Kelapa adalah sebagai berikut.
  1. Bungga jantan menjadi kehitam-hitaman dalam rentan waktu yang relative singkat.
  2. Pada umumnya pada bunga betina akan keluar semacam getah dan pada akhirnya bunga menjadi rontok.
  3. Hama ini menyerang lubang seludang bunga yang belum membuka dan selanjutnya ngengat masuk kedalam bunga jantan dan juga betina.

Untuk mengatasi Ngengat Bunga Kelapa (Batrachedra SP.) pada Tanaman Kelapa adalah sebagai berikut:
  1. Hama jenis ini dapat dikontrol dengan menggunakan parasite Sylino sp.
  2. Melapisi lubang pada seludang bunga dengan basudin 60 EC atau disemprot menggunakan BHC, konsentrasi yang digunakan yaitu 0.1 %

Ulat Tirathaba
Ulat Tirathaba merupakan hama yang menyerang dengan cara merusak bunga dari tanaman kelapa. Ulat ini memiliki ukuran tubuh sekitar 22 mm dengan warna tubuh coklat kotor yang dilengkapi dengan garis memanjang pada punggungnya. Gejala-gejala yang ditimbulkan dari Ulat Tirathaba adalah sebagai berikut.
  1. Pada bunga jantan banyak terdapat lubang-lubang, sedangkan pada bunga betina sangat jarang ditemukan lubang.
  2. Buah kelapa yang masih muda terkadang ditemukan pula lubang-lubang.
  3. Terlihat banyak kotoran ulat.
  4. Bunga jantan yang gugur dan kotoran-kotoran akan bersatu dan membentuk gumpalan-gumpalan kecil.
  5. Pada bagian tongkol bunga dipenuhi oleh kotoran ulat.

Untuk mengatasi Ulat Tirathaba pada Tanaman Kelapa adalah sebagai berikut:
  1. Memungut bunga-bunga yang terserang dan kemudian membakarnya, cara ini sebaiknya hanya diterapkan pada tanaman kelapa yang masih muda (rendah).
  2. Secara biologis hama jenis ini dapat dibasmi menggunakan parasite-parasit hama seperti, tumbuhan Apanteles, tumbuhan Telenomus tirathabae, parasite kepompong Melachnineumon muciallae, Anacrypus impulsator, dan lain sebagainya.
  3. Selalu menjaga kebersihan pada kebun tanaman kelapa.

Tikus pohon, Rattus rattus roque
Hama jenis ini menyerang menyerang dengan cara merusak buah dari tanaman kelapa. Biasanya Tikus pohon bersarang pada sela-sela daun yang berbentuk sederhana yang disusun dari daun-daun atau ranting-ranting tanaman, selain itu Tikus pohon juga sering bersarang didalam tanah atau tangul-tanggul. Gejala yang ditimbulkan oleh Tikus pohon adalah sebagai berikut.
  1. Terdapat lubang Pada bagian tampuk buah kelapa.
  2. Lubang pada buah kelapa memiliki bentuk tidak rata, terkadang bulat dan terkadang oval.
  3. lubang pada sabut dan tempurung sama besarnya.

Untuk mengatasi Tikus Pohon pada Tanaman Kelapa adalah sebagai berikut :
  1. Membasmi tikus dengan cara memasang perangkap atau umpan racun.
  2. Bersihkan mahkota daun kelapa guna mencegah digunakannya sebagai sarang tikus.

Tupai / Bajing

jenis hama pohon kelapa
Tupai
Hewan yang memiliki nama latin Callosciurus notatus ini memiliki ekor yang berbentuk seperti sikat dengan Panjang tubuh 15 – 22,5 cm dan memiliki warna tubuh cokelat berbintik hitam. Tupai kelapa biasanya melakukan aktifitasnya pada siang hari dan sering dijumpai pada cabang atau ranting pohon, atau melompat di antara pelepah daun di kebun-kebun kelapa dan juga kebun-kebun lainnya. Hama jenis ini biasanya menyerang tanaman kelapa dengan cara melubangi buah kelapa kemudain memakan dagingnya, tidak peduli apakah buah kelapa masih muda ataupun sudah tua. Gejala-gejala yang ditimbulkan dari Tupai adalah sebagai berikut.
  1. Buah kelapa berlubang.
  2. Melubangi buah kelapa yang sudah agak tua dibagian ujung buah.
  3. Lubang pada bagian tempurung berbentuk relatf bulat, akan tetapi lubang pada bagian serabut berbentuk tidak rata.
  4. Tupai membutuhkan waktu 2-3 hari untuk menghabiskan seluruh isi buah.
  5. Seekor tupai hanya bisa merusak 1-2 buah kelapa dalam kurun waktu satu bulan.

Untuk mengatasi Tupai pada Tanaman Kelapa adalah sebagai berikut :
  1. Membasmi tupai dengan cara memasang perangkap atau umpan racun.
  2. Bersihkan mahkota daun kelapa guna mencegah digunakannya sebagai sarang tupai.

Ani-ani Randu (Coptotermes Curvignatus)
Laron, Siraru dan Kalekatu merupakan serangga yang masuk dalam hama jenis ini. Hama ini memiliki Imago berwarna coklat atau hitam dan akan menyerang bibit tanaman kelapa. Gejala-gejala yang ditimbulkan dari Ani-ani Randu adalah sebagai berikut.
  1. Hama ini menyerang bibit tanaman kelapa dengan cara merusak bagian sabut dan benih yang sedang disamai.
  2. Jika bibit tanaman kelama telah diserang oleh hama ini maka bagian pucuk pada bibit kelapa akan layu dan akan mati secara perlahan.
  3. Hama jenis ini juga dapat menyerang bagian pucuk tanaman kelapa yang masih muda, dan jika dibiarkan terlalu lama akan mematikan tanaman kelapa itu sendiri.
  4. Pada bagian batang tanaman kelapa akan terlihat lorong ani-ani yang mengerogoti dari tanah, mulai dari bagian bawah sampai bagian atas.

Untuk mengatasi Ani-ani Randu pada Tanaman Kelapa adalah sebagai berikut :
  1. Pada saat mempersiapkan persemian, lapisilah tanah dengan pasir sungai yang bersih.
  2. Bersihkanlah sisa-sisa tumbuhan pada watu pembukaan tanah dan persemian.
  3. Sebelum melakukan penyemaian, campurkan terlebih dahulu tanah dengan BHC 10% dengan dosis 65 kg/Ha

Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget