Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Mencegah Hama pengganggu lebah madu

Mencegah Hama pengganggu lebah madu
Mencegah Hama pengganggu lebah madu 

Taryono.com - Lebah merupakan salah satu serangga yang memiliki senjata yang cukup menakutkan baik bagi manusia ataupun bagi hewan. Terlebih lagi lebah selalu dalam koloni yang tidak sedikit, sehingga serangga kecil ini cukup ditakuti oleh musuhnya. Meskipun demikian bukan berarti lebah tidak memiliki hama penggangu. Sehingga peternak lebah sebaiknya harus mengetahui hama serta penyakit apa saja yang dapat mengancam kehidupan lebah. Dengan demikian petani dapat mengatasi atau paling tidak dapat menghindari serangan dari hama dan penyakit lebah.


Semut
Pada dasarnya semut tidak menyerang secara langsung koloni lebah madu melainkan Semut hanya bersarang diatas atau didalam stup yang ditinggali oleh lebah. Yang jadi masalah adalah pada saat peternak akan membuka tutup stup, sehingga semut bereaksi dan menyebar meninggalkan stup. Hal ini dapat membuat koloni lebah menjadi ikut panik dan akan terjadi salig serang antara semut dengan lebah. Petanipun ketika menghadapi kondisi ini sebaiknya segera menjauh dan tunggu hingga keadaan menjadi lebih kondusif.

Untuk mengatasi ini petani dapat melakukan pencegahan dengan cara memberi oli atau mangkuk yang berisi air pada tiap kaki penopang rumah lebah. Hal ini dilakukan untuk menutup akses semut ke dalam rumah lebah. Namun jika semut sudah terlanjur masuk kedalam rumah lebah dalam koloni yang cukup banyak, petani dapat melakukan penggantian rumah lebah atau melakukan cara yang pertama, yang bertujuan untuk menghentikan segala pasokan dari luar kedalam sarang semut.

Tungau
Tungau merupakan salah satu hama yang cukup berbahaya bagi lebah. Karena hama jenis ini akan menyerang lebah dari masih larva hingga lebah dewasa dengan cara menghisap cairan tubuh dari lebah, sehingga secara tidak langsung akan menghambat pertumbuhan lebah bahkan bisa membuat kematian pada lebah. Biasanya jenis tungau yang menyerang lebah adalah tungau Varroa jacoboni dan tungau Tropilaelaps.

Untuk membasmi hama ini, peternak lebah dapat melakukan penyemprotan dengan obat jenis akarisida dengan dosis 1 cc untuk 1 liter air sebanyak 3 kali. Proses penyemprotan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari dengan intensitas 4 hari satu kali.

Ngengat Malam
Hama jenis ini juga termasuk salah satu hama yang berbahaya bagi lebah. Ngengat malam menyerang koloni lebah dengan cara bertelur diatas rumah lebah. Setelah telur-telur tersebut menetas dan menjadi ulat, maka selanjutnya ulat tersebut akan memakan lilin sarang lebah sehingga menjadi rusak. Pada kondisi ini hal terburuk yang akan terjadi adalah pindahnya koloni lebah dari sarang semula

Larva lebah
Berbeda dengan hama-hama sebelumnya yang menyerang lebah dari luar, penyakit jenis ini asal mulanya berasal dari dalam sarang lebah itu sendiri. Bermula pada saat beberapa larva mati karena terkena bakteri dan pada akhirnya membusuk, sehingga hal ini berdampak pada larva yang lainya yang akhirnya juga ikut mati dan membusuk.

Unuk mengatasi atau mencegah masalah ini dapat dilakukan dengan cara memperkuat koloni lebah agar tidah mudah diserang oleh bakteri. Selain itu petani juga disarankan untuk mengambil sisiran yang telah rusak dan membuangnya. Kemudian jika diperlukan petani dapat Memberikan stimulasi gula yang dicampur dengan terramycin.

Sebenarnya masih banyak lagi hama-hama yang dapat menggangu kehidupan koloni lebah seperti cicak, tokek, burung wallet dan yang lainya. Namun saya hanya membahas beberapa hama saja yang dianggap cukup berbahaya dan mengancam kehidupan dari koloni lebah.
Mencegah Hama pengganggu lebah madu Reviewed by ibnu facrudin on Maret 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.