Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Cara Pemberian Pakan Ikan Hias yang Benar

Cara Pemberian Pakan Ikan Hias yang Benar
Cara Pemberian Pakan Ikan Hias yang Benar

Taryono.com - Pemberian pakan yang teratur dan tepat pada ikan hias peliharaan merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Karena dengan pemberian pakan yang tepat dan teratur, maka kesehatan serta pertumbuhan ikan hias peliharaan menjadi lebih baik. Meskipun kedengarannya mudah, ternyata untuk memberi pakan ikan hias ada cara-cara tersendiri supaya ikan yang dipelihara memeliki kesehatan dan pertumbuhan yang baik.

Hal pertama yang harus dipastikan adalah mencari tahu jenis pakan apa yang cocok dengan ikan yang kamu pelihara. Karena beberapa ikan ada yang menyukai jenis pakan yang mengapung, ada juga jenis ikan yang menyukai jenis pakan yang melayang di air serta ada pula jenis ikan yang menyukai jenis pakan yang tenggelam. Untuk memastikan hal ini kamu dapat bertanya pada penjual ikan atau kamu dapat melakukan pengamatan pada ikan yang kamu miliki.

Untuk jenis pakan buatan berupa pelet dapat diberikan dengan cara menyebarnya langsung didalam akuarium secara mereta, agar semua ikan mendapatkan makanan. namun untuk menghindari terjadinya gangguan pencernaan pada ikan hias karena pelet yang terlalu banyak menyerap air, kamu dapat melakukan perendaman pelet terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit untuk menghindari masalah ini.

Untuk Frekuensi pemberian pakan ikan hias sendiri dapat ditentukan dengan melihat seberapa banyak jumlah pakan yang kita berikan. Pada umumnya untuk ikan dengan usia 120 hari atau lebih dapat diberi pakan sebanyak 4% dari berat tubuhnya  6 kali dalam satu hari. Namun cara ini kurang disukai oleh para pmelihara ikan karena diangap merepotkan. Sebagain pecinta ikan lebih memilih memberi pakan dengan jumlah yang cukup banyak tapi hanya dilakukan 1 sampai 2 kali saja dalam sehari. Selain mempermudah cara ini ternyata juga dapat menambah keaktifan ikan, sehingga ikan menjadi lebih menarik.

Selain beberapa aspek diatas ada faktor lingkungan yang ada di akuarium juga harus diperhatikan. Seperti suhu dan kadar oksigen didalamnya, jika suhu didalam akuarium terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat  membuat nafsu makan ikan menjadi menurun. Begitupula dengan kandungan oksigen didalam air juga dapat mempengaruhi nafsu makan pada ikan hias. Untuk mngatasi hal ini kamu dapat melakukan cara berikut ini :
  • Jika air didalam akuarium berkurang, segera tambahkanlah air yang baru.
  • Lakukanlah pembuangan air lama didalam akuarium.
  • Usahakan selalu menjaga kebersihan akuarium.
  • Lakukanlah pengudaraan.
  • Lakukan pengadukan.
  • Jaga selalu tingkat kedalaman air akuarium.

Unatuk cara lebih rinci bagaimana melakukan perawatan ikan didalam akuarium yang baik dan benar kamu dapat membaca artikel berikut ini :

Selanjutnya bagi kamu yang akan meninggalkan ikan dalam waktu yang cukup lama perhatikanlah kondisi ikan. Biasanya ikan dewasa dapat tidak diberi makan berhari-hari bahkan hinga 1 sampai 2 minggu, tergantung dari jenis dan kesehatan ikan itu sendiri. Namun bagaimana jika kamu akan meninggalkan ikan dalam waktu yang ukup lama. masalah ini dapat kamu atasi dengan mengunakan alat pemberi pakan otomatis untuk memberikan pakan pada ikan dalam jumlah dan waktu yang telah ditentukan.

Cara Pemberian Pakan Ikan Hias yang Benar Reviewed by ibnu facrudin on Maret 13, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.