Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Mempercepat Birahi Pada Kambing atau Domba

faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses birahi pada kambing, seperti faktor lingkungan, genetik, suhu lingkungan serta faktor usia. Untuk memaksimalkan faktor-faktor tersebut, peternak harus melakukan upaya-upaya lebih guna mengoptimalkan siklus birahi pada kambing. Dengan begitu bukan tidak mungkin untuk kambing yang kamu miliki dapat melahirkan 2-3 kali dalam satu tahun.

Cara Mempercepat Birahi Pada Kambing atau Domba
Cara Mempercepat Birahi Pada Kambing atau Domba

Taryono.com - Pada bab sebelumnya Taryono.com telah membahas mengenai tanda-tanda kambing yang sedang birahi.  Birahi sendiri adalah suatu kondisi dimana kambing betina sedang pada masa subur dan saat proses birahi terjadi maka akan terjadi ovulasi sel teur. Biasanya proses birahi hanya terjadi selama kurang lebih satu hari dan akan mulai birahi kembali 19 hari kemudian. Dengan demikian, peternak kambing harus selalu memperhatikan perkembangan dari kambing peliaraannya jika tidak ingin kelewatan proses birahi yang dialami oleh kambing miliknya. 
Selain itu ada juga faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses birahi pada kambing, seperti faktor lingkungan, genetik, suhu lingkungan serta faktor usia. Untuk memaksimalkan faktor-faktor tersebut, peternak harus melakukan upaya-upaya lebih guna mengoptimalkan siklus birahi pada kambing. Dengan begitu bukan tidak mungkin untuk kambing yang kamu miliki dapat melahirkan 2-3 kali dalam satu tahun.

Mempercepat Birahi Pada Kambing atau Domba Betina


Berikan Makanan bergizi
Pemberian pakan ternak yang bergizi dan berkualitas sebaiknya diberikan kepada kambing sedari kecil. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan pada kambing. Dimana kita ketahui sendiri bahwa kambing betina yang memiliki badan kurus sering mengalami keterlambatan pubertas. Oleh sebab itu pemberian pakan yang bergizi sangat penting dalam mempercepat proses birahi.

Tempatkan kambing betina dalam satu kandang dengan kambing jantan
Penempatan kambing jantan didalam kendang bertujuan untuk membantu proses perangsangan kambing betina. Selai itu dengan cara ini peternak juga dapat mematau perkembangan kambing tidak terkecuali perkembangan birahi itu sendiri.

Melakukan Flushing pada kambing
Flushing adalah sebuah upaya dalam melakukan perbaikan terhadap tubuh ternak melalui pemberian pakan dengan kualitas gizi tinggi dalam kurun waktu tertentu (dilakukan selama 2-3 minggu). Biasanya jenis pakan yang digunakan saat proses flushing ini adalah konsentrat. Dimana konsentrat yang diberikan merupakan konsentrat yang memiliki kandungan gisi yang melebihi kebutuhan gizi pada tubuh kambing.
Manfaat flishing sendiri sangatlah banyak diantaranya adalah meningkatkan hormon reproduksi, membantu meningkatkan jumlah ovum yang dilepaskan ovarium serta memaksimalkan proses birahi pada kambing.

Menggunakan hormon untuk mempercepat birahi
Salah satu hal yang mempegaruhi proses birahi yang terjadi pada kambing adalah hormon. Dengan demikian jika kita mengingikan kambing cepat untuk birahi, maka kita dapat menambah hormon  tertentu untuk mempercepat birahi.biasanya hormon yang digunakan untuk mempercepat birahi pada kambing adalah prostalglanding 2 alpha (PGF2a), hormon estrogen dan hormon GnRH. Tiga hormon ini tidak harus digunakan sekaligus, bisa digunakan salah satunya saja. Dimana untuk pemakainya dapat ditanyakan langsung kepada penjual obat atau PPL didaerah anda supaya lebih aman.

Memberikan tambahan vitamin
Pada manusia vitamin E dipercya dapat bermanfaat bagi kesuburan seorang wanita. Ternyata hal tersebut juga berlaku untuk kambing, dimana sebenarnya kambing juga memerlukan asupan vitamin seperti vitamin B kompleks serta vitamin E. pemberian vitamin pada kambing dapat dilakukan setiap 3 bula sekali untuk mempercepat pertumbuhan serta birahi kambing.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget