Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

10 Cara Memilih Semangka yang Matang

Dalam membeli buah semangkapun tidak boleh sembarangan, jika ingin mendapatkan buah semangka yang terbaik. Karena dalam beberapa kasus dijumpai buah semangka yang berukuran besar dan mulus, tapi nyatanya saat dikonsumsi memiliki rasa yang kurang manis. Hal ini membuat beberapa penggemar buah semangka menjadi kecewa. Untuk menghindari kejadian ini berikut Taryono.com akan membahas cara-cara memilih buah semangka yang manis dan menyegarkan.

10 Cara Memilih Semangka yang Matang
10 Cara Memilih Semangka yang Matang

Taryono.com - Semangka merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia, mungkin karena buah ini memiliki sensasi yang menyegarkan saat dikonsumsi. Terlebih lagi didukung oleh iklim tropis Indonesia yang panas yang menambah kenikmatan saat memakan buah semangka ini. Selain enak dan menyegarkan buah semangka ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Dalam satu buah semangka sendiri mengandung vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, serta betakaroten. Semangka juga termasuk didalam deretan buah yang rendah kalori dan bebas lemak. 

Dalam membeli buah semangkapun tidak boleh sembarangan, jika ingin mendapatkan buah semangka yang terbaik. Karena dalam beberapa kasus dijumpai buah semangka yang berukuran besar dan mulus, tapi nyatanya saat dikonsumsi memiliki rasa yang kurang manis. Hal ini membuat beberapa penggemar buah semangka menjadi kecewa. Untuk menghindari kejadian ini berikut Taryono.com akan membahas cara-cara memilih buah semangka yang manis dan menyegarkan.

Cara Memilih Semangka yang Manis


Pilih tangkai semangka yang kering
Salah satu ciri yang dapat dilihat jika buah semangka benar-benar matang dan manis adalah dengan melihat pada tangainya. Jika tangkai terlihat sudah mengering, maka sudah dapat dipastikan bahwa buah semangka tersebut telah masak dan memiliki rasa yang manis. Namun sebaliknya, jika tangkai pada buah semangka masih terlihat hijau dan gemuk, hal itu menandakan bahwa semangka tersebut belum terlalu matang karena terlalu cepat dipanen.

Cabut tangkainya
Jika kamu masih belum yakin dengan cara pertama, kamu dapat memastikanya dengan cara mencabut tangai pada buah semangka. Jika tangkai pada buah semangka mudah sekali lepas, berarti buah semangka tersebut sudah matang.

Perhatikan bentuk buah semangka
Pada umumnya buah semangka saat ini memiliki dua bentuk, yaitu berbentuk bulat serta berbenuk lonjong. Unuk semangka dengan bentuk yang lonjong biasanya memiliki rasa yang kurang manis jika dibandingkan dengan semangka yang berbentuk bulat.

Pilih semangka yang memiliki banyak tanda kuning
Pada umumnya pada bagian bawah buah semangka terdapat tanda bercak berwarna kuning. Semakin banyak atau lebar sebuah bercak kuning pada buah semangka, menandakan buah semangka tersebut sudah masak dan memliliki rasa yang manis.

Lihat ruas berwarna hijau pada semangka
Buah semangka sendiri identik dengan warna hijau. Dimana warna hijau tersebut hampir menutupi seluruh kulit semangka. Ciri ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk menentukan tingkat kematangan dari semangka. Dimana semakin tua warna hijau pada semangka, maka semakin matang pula semangka tersebut.

Pilih semangka yang berat
Hampir 90% dari berat semangka adalah air. Dengan demikian dengan semakin tuanya buah semangka, berarti kandungan air didalam semangka menjadi bertambah banyak dan pada ahirnya menambah bobot dari buah semangka yang bertambah berat.

Ketuk buah semangka
Cara ini sebenarnya belum dapat dipastikan kebenarannya. Meskipun demikian masih banyak abang-abang pedagang buah semangka yang mengguakan cara ini untuk menentukan kematangan dari buah semangka. Caranya adalah dengan cara mengetuk-ngetuk pada buah semanka, Jika semangka berbunyi nyaring dan bergema berarti semangka tersebut belum matang. Namun jika semangka memiliki bunyi yang agak dalam dan tidak bergema, berarti semangka tersebut telah matang.

Hindari membeli buah semangka yang memiliki bercak putih
Jika sebelumnya buah semangka memiliki bercak berwarna kuning yang disebabkan karena mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Hal sebaliknya terjadi bila buah semangka kurang mendapatkan sinar matahari yang cukup, dimana buah semangka akan memiliki bercak-bercak putih pada kulitnya. Jadi jika kamu menemukan semangka yang memiliki bercak putih sebaiknya untuk tidak membelinya.

Hindari membeli semangka pada saat musim penghujan
Perlu kita ketahui bahwa untuk menjadikan buah semangka menjadi benar-benar matang, sangat diperlukan asupan sinar matahari yang cukup. Dengan demikian pada saat musim penghujan tiba secara tidak langsung mengurangi pasokan sinar matahari pada semangka, yang menjadikan kualitas buah semangka menjadi menurun.

Ukuran besar dan mulus tidak menentukan kemanisan semangka
Jangan tergiur untuk membeli buah semangka yang besar. Karena belum tentu semangka yang besar memiliki rasa yang manis. Lebih baik memilih buah semangka yang memiliki ciri-ciri diatas, walaupun memiliki ukuran yang sedang.


Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget