Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Merawat Burung Kenari yang Sakit Agar Cepat Sehat

Jika burung kenari anda tidak ingin sakit maka dari itu diperlukan perawatan yang baik layaknya merawat diri sendiri. Seperti pemberian pakan yang teratur, kebersihan kendang serta kebersihan burung itu sendiri. karena perawatan burung kenari sebelum sakit sangat dianjurkan dibandingkan dengan penyembuahan saat sakit, sebab ketika burung kenari mengalami sakit maka diperlukan perhatian ekstra untuk memulihkan burung menjadi sehat kembali.

Cara Merawat Burung Kenari yang Sakit Agar Cepat Sehat

Taryono.com - Layaknya hewan pada umumnya, burung kenari tidak dapat bisa dilepaskan dari namanya sakit. Baik itu burung kenari yang ada dialam liar ataupun burung kenari yang dipelihara didalam sangkar. Biasanya jika burung kenari mengalami sakit maka burung akan cenderung menyembunyikan penyakitnya, hal ini dilakukan untuk melindungi dirinya dari seragan predator pemangsa. Karena predator lebih menyukai mangsa yang lemah seperti burung yang tengah sakit.
Tentu saja hampir semua pecinta burung tidak mau mendapati burung kesayangannya sakit. Maka dari itu diperlukan perawatan yang baik layaknya merawat diri sendiri. Seperti pemberian pakan yang teratur, kebersihan kendang serta kebersihan burung itu sendiri. karena perawatan burung kenari sebelum sakit sangat dianjurkan dibandingkan dengan penyembuahan saat sakit, sebab ketika burung kenari mengalami sakit maka diperlukan perhatian ekstra untuk memulihkan burung menjadi sehat kembali.

Ciri-Ciri Burung Kenari Sakit

  • Burung kenari lebih banyak diam.
  • Menurunya nafsu makan yang menyebabkan burung kenari menjadi kurus.
  • Mata pada burung kenari sering terlihat merem atau mengantuk.
  • Pada bulu bagian dubur burung kenari biasanya terlihat kotoran yang menempel.
  • Sedikit terjadinya perubahan pada bulu kenari yang terlihat berwarna kusam dan lusuh.
  • Pada bulu bagian leher sering terlihat seperti bergerak-gerak (merinding).

Jika anda menemukan salah satu atau beberapa ciri-ciri diatas pada burung kenari peliharaan anda, maka segera lakukan penaganan untuk menyembuhkan burung kenari. Karena jika penyakit yang dimiliki burung kenari didiamkan terlalu lama, maka proses untuk penyembuhannya menjadi sedikit lebih sulit dan resiko kematian pada burung bisa saja terjadi.

Cara Mengobati Kenari Yang Sakit

  1. Berikan vitamin yang sesuai dengan sakit yang dialami burung kenari. Campurkanlah vitamin tadi dengan air yang matang atau air mineral. Jika burung kenari tidak mau atau sulit untuk minum, anda dapat mengambil wadah air selama 30 menit dan kemudian masukan kembali wadah air tersebut kedalam kendang.
  2. Berikanlah pakanan kesukaan kenari seperti buah apel, telur puyuh, telur rebus serta kroto. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan dari burung kenari yang sakit. Selin itu jangan segan untuk menyuapi burung yang sakit saat makan, karena hal ini cukup membantu burung yang mengalami penurunan nafsu makan.
  3. Usahakan untuk tidak memandikan burung kenari terlebih dahulu, sebab jika hal ini dilakukan malah akan membuat sakit pada burung kenari menjadi lebih parah.
  4. Tempatkanlah burung kenari yang sakit ditempat yang tenang, tidak panas serta tidak terkena hembusan angin kencang. Tujuanya adalah untuk memberikan waktu istirahat lebih bagi burung kenari.
  5. Jika perlu berikan penghangat berupa lampu saat malam hari atau saat musim penghujan tiba untuk menambah kenyamanan pada burung kenari.
  6. Jika sempat jemurlah burung kenari yang sakit pada saat pagi hari sekitar pukul 7 - 8 pagi selama 10 menit saja.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget