Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Mengatasi kutu ikan Mas Koi dan Mas Koki

alah satu ikan yang gampang sekali terkena kutu adalah ikan mas koi serta ikan mas koki. Meskipun hampir semua ikan rentan terkena kutu, namun kedua ikan ini merupakan ikan yang paling sering terkena kutu ikan. Biasanya jenis kutu yang menyerang ikan ini adalah argulus. Argulus sendiri memiliki setidaknya 30 spesies, dimana dua diantaranya merupakan kutu yang sering ditemui pada ikan hias. Yaitu Argulus foliatus dan Argulus japonicus.

Mengatasi kutu ikan Mas Koi dan Mas Koki
Mengatasi kutu ikan Mas Koi dan Mas Koki
Taryono.com - Salah satu ikan yang gampang sekali terkena kutu adalah ikan mas koi serta ikan mas koki. Meskipun hampir semua ikan rentan terkena kutu, namun kedua ikan ini merupakan ikan yang paling sering terkena kutu ikan. Biasanya jenis kutu yang menyerang ikan ini adalah argulus. Argulus sendiri memiliki setidaknya 30 spesies, dimana dua diantaranya merupakan kutu yang sering ditemui pada ikan hias. Yaitu Argulus foliatus dan Argulus japonicus. Argulus menyerang mangsanya dengan cara menancapkan giginya pada ikan hias dan selanjutnya menyuntikan anti koagulan darah. Dan selanjutnya kutu akan menjadi parasit dengan menghisap darah dari ikan hias.

Kutu ikan melukai kulit ikan hias untuk mendapatkan darahnya, dan yang akan terjadi pada ikan adalah munculnya luka memar merah yang membuat ikan mas koki menjadi tidak nyaman. Meski tidak terlalu berbahaya bagi ikan, namun jika kutu air dibiarkan terlalu lama menempel di tubuh ikan hias. kemungkinan kutu menjadi lebih banyak akan terjadi. terlebih lagi kutu pada ikan juga dapat dengan mudah ditularkan ke ikan hias lainnya, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian masal pada ikan hias didalam akuarium.

Mengatasi kutu ikan Mas Koi dan Mas Koki
Kutu Ikan Hias

Ciri-ciri Ikan Hias Yang Terkena Kutu

  • Sebenarnya kutu yang menempel pada ikan hias dapat dilihat dengan mata telanjang. Kutu ikan memiliki bentuk bulat mendatar dengan diameter antara 5 – 12 mm.
  • Ikan  menjadi gelisah berenang kesana kemari.
  • Terkadang melompat keluar dari permukaan air.
  • Sering terlihat menggosokkan badanya ke dasar akuarium.
  • Pada serangan yang parah, ikan akan menjadi malas dan nafsu makannyapun juga akan menurun.

Mengatasi Kutu Ikan Pada Ikan Hias


Cara Pertama :
Apabila kutu yang menempel pada ikan hias hanya berjumlah sedikit, maka kamu bisa melakukan pembasmian secara fisik dengan cara mengambil kutu menggunakan jarum atau pinset. Selanjutnya luka yang timbul dapat diobati dengan pemberian antiseptik. Cara ini hanya akan berhasil jika ikan yang telah terbebas dari kutu dipindahkan ketempat yang baru dan terbebas dari larva argulus. Karena tidak menutup kemungkinan tempat yang ditinggali ikan hias sebelumnya terdapat benih argulus yang dapat mengancam kelangsungan hidup ikan hias.

Cara Kedua :
Selain menggunakan cara manual, kutu ini juga dapat dibasmi menggunakan obat abate. Caranya adalah dengan menaburkan abate ke dalam akuarium dengan dosis 10 gram untuk setiap 100 liter air. Selanjutnya air akan terlihat keruh karena obalt abate telah berhasil larut kedalam air. Tunggu hingga 1 hari samapi kutu pada ikan benar-benar lenyap. Kemudian segera ganti air didalam akuarium setidaknya 50% dan bersikan juga akuarium dari sisa-sias abate.

Cara Ketiga :

Mengatasi kutu ikan Mas Koi dan Mas Koki
Ikan Pemakan Kutu
Penggunaan obat abate bisa saja berbahaya jika dosis yang diberikan terlalu besar. Jadi perlu kehati-hatian untuk menggunakan cara ini. Jika anda tidak mau mengambil resiko, anda dapat memanfaatkan ikan pemakan kutu seperti ikan laying-layang, ikan Sumatra, atau ikan barber sebagai pembasmi kutu alami pada ikan hias. Tempatkanlah setidaknya 2-3 ikan tadi kedalam akuarium dan populasi kutu pada akuarium kamu lambat laun akan musnah.

Dari ketiga cara diatas saya sangat menyarankan untuk menggunakan cara ketigga. Selain efektif cara ini juga tergolong sangat aman bagi ikan hias. Terlebih lagi dengan adanya ikan pemakan kutu ini akuarium yang kamu miliki akan menjadi lebih berwarna.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget