Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Cara Mudah Merawat ikan Hias Air Laut

Cara Mudah Merawat ikan Hias Air Laut
Cara Mudah Merawat ikan Hias Air Laut

Taryono.com - Jenis ikan air tawar yang itu-itu saja barangkali membuat anda sebagai pecinta ikan hias menjadi bosan. Jika hal ini terjadi pada anda, cobalah beralih ke ikan hias air laut. Dimana kita ketahui bahwa, jenis ikan air laut memiliki banyak sekali jenis dan memiliki bentuk yang unik dan indah. Selain ikan anda juga dapat memanfaatkan air laut didalam aquarium untuk memelihara karang, ubur-ubur, serta kuda laut sebagai media peghias.
Namun untuk memelihara ikan serta hewan air asin lainnya, tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Kerena ikan dan karang sangat sensitif terhadap linkungannya, baik itu kebersihan air, pH air, ataupun kecocokan dengan penghuni akuarium lainnya. Maka dari itu diperlukan perhatian khusus untuk memelihara dan merawat ikan ataupun karang didalam aquarium. dan berikut ini merupan cara merawat ikan dan terumbu karang didalam akuarium air laut.

Cara Merawat dan Memelihara ikan Hias Air Laut


Setup Lingkungan Pada Akuarium
Sebelum memulai memelihara ikan hias air laut, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menyetel lingkungan pada akuariun agar dapat ditinggali oleh ikan dan trumbu karang. Pertama masukan air kedalam akuarium serta lengkapilah dengan pompa air sebagai media sirkulasi. Diamkan air selama 3 – 4 minggu untuk mendapatkan keadaan air mendekati aslinya. Pada 3-4 minggu ini usahakan jangan memasukan ikan terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk menghindari kematian pada ikan hias. Setelah itu tambahkan pula kerikil pada dasar akuariun sebagai media penyimpanan kotoran ikan.

Aklimatisasi Ikan
Untuk memelihara ikan air laut sangatlah berbeda dengan memeliara ikan air tawar. Diperlukan perhatian ekstra untuk menjaga kelangsungan hidup ikan yang dipelihara. Ketika pertama baru dibeli, jangan langsung memasukan ikan kedalam akuarium, karena diperlukan pengaturan suhu air terlebih dahulu. Setelah itu masukan ikan hias yang masih ada didalam plastik kedalam akuarium selam 20 menit. Lalu buka plastik dan masukan sedikit air akuarium lalu biarkan selama 10 menit. Selanjutnya ikan baru bisa dilepas didalam akuarium.

Penggunaan Tumbuhan Laut Hidup
Cara Mudah Merawat ikan Hias Air Laut
Tumbuhan Laut

Selain indah, tumbuhan laut juga dapat dimanfaatkan sebagai penjaga kualitas air didalam akuarium. Tumbuhan laut sendiri berfungsi sebagai media untuk mengurangi kandungan nitrat didalam air serta sebagai tempat bermain ikan hias. Beberapa tanaman laut yang sesuai dimasukan kedalam akuarium seperti Rumput Jarum (Chaetomorpha), Anggur Hijau serta Asam (Caulerpa Sertularioides).

Hindari Memelihara Ikan Laut Terlalu Banyak
Sesuaikanlah jumlah ikan yang dipelihara didalam akuarium. Jika akuarium yang dimiliki memiliki ukuran yang kecil jangan sekali-kali mencoba memasukan banyak ikan kedalamnya. Karena hal ini akan menyebabkan penurunan kualitas air dan pada akhirnya membuat ikan didalam akuarium menjadi lebih mudah untuk mati.

Pemberian Pakan Ikan
Pemberian pakan pada ikan air laut haruslah diperhatikan, karena jika pakan terlalu berlebihan maka dapat mempengaruhi kualitas air. Sebaiknya berikanlah pakan 1 kali saja setiap harinya (lebih baik kurang dari pada berlebih).

Pelihara ikan Jambing
Ikan jambing (lawnmower blenny)  dapat dimanfaatkan untuk membersihkan batu atau pasir didasar akuariun dari lumut. Peliharalah ikan jambing satu atau dua ekor berukuran kecil saja, karena jika ikan jambing berukuran besar akan dapat membuat pasir atau batu kecil didalam akuarium menjadi berantakan.

Menjaga Kondisi Air Laut didalam Akuarium
Perhatikanlah suhu air didalam akuarium, suhu air yang baik bagi ikan laut adalah sekitar dibawah 25 derajat celcius. Selain itu perhatikan pula tingkat pH serta garam didalam air, kamu dapat menggunakan kertas lakmus atau pH meter untuk mengeceknya. Jika pH terlalu rendah tambahkanlah obat Kalkwasser. Sedangkan untuk mengetahui kadar garam didalam air dapat menggunakan alat Hydrometer.
Untuk mengurangi kadar amonia didalam air kamu dapat menambahkan protein skimmer kedalam air. Selain untuk mengurangi kandungan ammonia didalam air, protein skimmer juga dapat berfungsi sebagi penjaga kualitas air laut. Lalu untuk mencegah atau menghilangkan jamur dan bakteri, kamu dapat menggunakan formula untuk menyesuaikan keasaman didalam air.

Mengganti Air laut Secara Rutin
Air laut didalam akuarium dapat diganti selama 2 minggu sekali sebanyak 20%, sedangkan 50% setiap sebulan sekali. Gunakan air laut untuk mengganti air didalam akuarium, kamu dapat membeli air laut di toko ikan hias seharga 300/liternya. Kemudian untuk mengganti air laut yang menguap, kamu dapat menggantinya dengan menambahkan air tawar. Karena saat proses penguapan, hanya air saja yang menguap sedangkan garam masih tertinggal didalam akuarium.
Cara Mudah Merawat ikan Hias Air Laut Reviewed by ibnu facrudin on Februari 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.