Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Cara Mudah Membedakan Madu Murni dan Campuran Secara Akurat

Cara Mudah Membedakan Madu Murni dan Campuran Secara Akurat
Cara Mudah Membedakan Madu Murni dan Campuran Secara Akurat

Taryono.com - Madu adalah sebuah cairan kental yang menyerupai sirup namun madu memiliki rasa yang lebih manis, madu dihasilkan oleh lebah yang diambil dari nektar bunga. madu memiliki sejuta manfaat bahkan madu telah lama digunakan pada ratusan tahun yang lalu utnuk mengatasi berbagai masalah penyakit pada kala itu dan bahkan sampai saat ini madu masih digunakan untuk media penyembuhan penyakit secara alami. Selain itu madu juga telah terbukti bermanfaat bagi kecantikan. Untuk mengetahui berbagai manfaat yang dimiliki madu lainnya dapat membaca artikel 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan.

Namun perlu diingat, manfaat madu yang telah dijelaskan diatas hanya bias didapatkan jika madu yang dikonsumsi merupakan madu murni (asli). Madu murni sendiri merupakan madu yang tanpa adanya campuran bahan lain didalamnya. Tapi sayangnya, saat ini banyak sekali madu yang dijual dipasaran tidak diketahui keasliannya. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab mengoplos madu demi mendapatkan keuntungan. Padahal madu oplosan memilki kualitas yang burunk dan tidak baik untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini merupakan beberapa Bahaya Madu Palsu Bagi Kesehatan :
  • Proses pengolahan madu palsu biasanya dilakukan dengan tidak higienis, sehingga madu sangat rentan terkena berbagai bakteri yang dapat mengakibatkan gangguan pencernaan jika madu dikonsumsi.
  • Madu oplosan biasanya diberi campuran gula dengan takaran berlebihan, sehingga rasa dari madu oplosan menjadi sangat manis. Dan jika madu oplosan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes dan obesitas.
  • Madu palsu juga dapat meningkatkan resiko penyakit ginjal dan kangker, karena dalam pembuatan madu palsu biasanya produsen sering menambahkan bahan pemanis buatan dan perasa buatan, yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Meskipun cukup sulit mendapatkan madu murni saat ini dipasaran, namun ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membuktikan keaslian madu yang kita konsumsi. Namun perlu diingat cara ini hanya bisa diterapkan, hanya jika kita membeli terlebih dahulu madu yang akan diuji coba keasliannya.

Cara Mudah Membedakan Madu Asli dan Palsu


Uji keaslian madu mengunakan api
Madu merupakan objek yang sangat mudah sekali untuk terbakar, Untuk membuktikan madu murni atau tidak dapat dilakukan dengan cara menempatkan madu di sumbu lilin kemudian nayalakan sumbu dengan api, jika sumbu dapat terbakar maka sudah dapat dipastikan madu itu asli, namun jika sumbu tidak terbakar maka terdapat kandungan air didalam madu.

Megenali keaslian madu dari aromanya
Madu murni memiliki aroma yang ringan dan halus, sedangkan madu palsu memiliki aroma asam dan terdapat zat berbusa putih didalamnya. Segera buanglah jika menemukan madu seperti ini, karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

Uji keaslian madu menggunakan air
Salah satu cara yang efektif untuk mengetahui keaslian madu adalah menggunakan air. Caranya dengan menuangkan sesendok madu kedalam segelas air. Jika madu menggumpal maka madu tersebut adalah madu murni. Namun sebaliknya jika madu larut didalam air maka madu tersebut merupakan madu palsu, karena ada kandungan air didalamnya.

Uji keaslian madu menggunakan kertas
Siapkan kertas yang mudah menyerap cairan. Lalu tuangkan setets madu diatasnya, jika madu dapat diserap oleh kertas maka madu tersebut merupakan madu palsu. Namun jika madu malah tetap berada diatas kertas maka madu tersebut merupakan madu asli. Cara ini merupakan cara yang cukup efektif untuk menentukan seaslian dari madu.

Uji Panas
Ambil madu dan tuangkan kedalam sendok yang terbuat dari stainless stell, kemudian panaskan bagian bawah sendok menggunakan lilin. Tunggu beberapa saat, jika madu mendidih dan mengeluarkan buih maka madu tersebut merupakan madu asli. Namun jika madu berbuih dan membentuk caramel gula maka madu tersebut sudah dapat dipastikan merupakan madu palsu.
Cara Mudah Membedakan Madu Murni dan Campuran Secara Akurat Reviewed by eio arts on Februari 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.