Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Memilih Filter Akuarium yang Tepat

Filter merupakan salah satu komponen penting dalam memeihara ikan didalam akuarium. Karena filter akan selalu menjaga kualitas air agar selalu bersih dan terbebas dari penyakit. Filter akuarium bekerja dengan cara menyaring air didalam akuarium guna menghilangkan ammonia yang dihasilkan ikan, kotoran ikan, hingga kandungan kimia berbahaya didalam air, seperti tembaga, klorin, serta protein larut

Cara Memilih Filter Akuarium yang Tepat
Cara Memilih Filter Akuarium yang Tepat

Taryono.com - Filter merupakan salah satu komponen penting dalam memeihara ikan didalam akuarium. Karena filter akan selalu menjaga kualitas air agar selalu bersih dan terbebas dari penyakit. Filter akuarium bekerja dengan cara menyaring air didalam akuarium guna menghilangkan ammonia yang dihasilkan ikan, kotoran ikan, hingga kandungan kimia berbahaya didalam air, seperti tembaga, klorin, serta protein larut. Saat ini filter akuarium telah banyak dijual dipasaran baik itu dengan harga murah ataupun dengan harga yang cukup mahal.

Dalam menentukan filter akuarium sendiri dapat ditentukan dengan melihat seberapa besar akuarium serta seberapa banyak air yang ada didalam akuarium. Semakin besar akuarium yang dimiliki semakin besar pula daya sedot filter yang harus dimiliki agar dapat menjagkau seluruh sudut didalam akuarium. Namun untuk akuarium yang memiliki ukuran yang sangat kecil seperti akuarium bulat, maka tidak diharuskan untuk memasang filter didalamnya.
Selain menentukan kapasitas akuarium kamu juga harus menentukan jenis filter yang akan digunakan. Ada dua jenis filter yang paling umum digunakan saat ini, yaitu filter akuarium internal serta filter akuarium eksternal.

Cara Memilih Filter Akuarium yang Tepat
Cara Memilih Filter Akuarium yang Tepat

Untuk filter internal biasanya digunakan untuk akuarium yang memiliki ukuran sedang seperti akuarium dengan ukuran 60 X 30 X 100 cm. karena filter jenis ini biasanya hanya memiliki daya sedot yang tidak terlalu kuat sehingga jenis filter ini kurang dapat menjangkau setiap sudut dari akuarium. jika kamu akan menggunakan filter jenis ini, maka kamu dapat menempatkan filter di disalah satu sudut pada akuarium.
Sedangkan untuk filter akuarium eksternal bekerja dengan cara menyedot air didalam akuarium, kemudian air dibawa ke kotak penyaring yang ada diluar akuarium. lalu setelah air tersaring selanjutnya air akan mengalir kedalam akuarium lagi. dimana filter ini sangatlah cocok digunakan untuk akuarium dengan ukuran yang besar. Jika kamu memilih jenis filter ini, pilihlah filter yang memiliki dua pipa dengan kemampuan yang sama dan dilengkapi dengan pompa.

Selanjutnya setiap pipa filter eksternal diletakkan pada kedua sudut akuarium agar dapat menjangkau setiap sudut dari akuarium. kemudian pada kotak penyaring kamu dapat memberikan spon sebagai alat untuk menyaring kotoran didalam air.
Setelah menentukan dan menerapkan jenis filter yang dipilih, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan dari saringan pada filter dengan mengganti saringan secar teratur. Pada umumnya spon pada filter diganti setiap 1 bulan sekali, tergantung pada jenis filter yang digunakan, jumlah ikan, serta ukuran dari akuarium.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa filter akuarium internal baik digunakan untuk akuarium berukuran sedang sedangkan filter akuarium eksternal baik digunakan untuk akuarium yang memiliki ukuran yang besar, karena jenis filter ini mampu meyedot kotoran didalam akuarium hampir disemua sudut. Sehingga kebersihan air didalam akuarium akan selalu terjaga.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget