Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina
Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Taryono.com - Canary bird atau di Indonesia disebut sebagai burung keneri merupakan burung yang berasal dari  pulau canary, Spanyol. Di Indoesia sendiri burung kenari merupakan salah satu burung popular dan banyak sekali peminatnya, Mungkin karena burung ini memiliki keindahan bulu serta suaranya yang merdu, sehingga para pecinta burung rela merogoh kocek demi memiliki burung yang menginspirasi film kartun Tweety ini. Pada umumnya burung kenari memiliki bulu bewarna kuning, namun ada juga beberapa burung kenari yang memiliki warna merah-oranye, putih, merah muda, dan berbagai coklat.

Selain itu burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang memiliki harga jual yang tinggi dan harganya relatif stabil. Terlebih lagi jika burung kenari yang dijual berjenis kelamin jantan, maka harga yang akan didapat akan lebih tinggi dibandigkan burung kenari betina. Hal ini terjadi karena burung kenari jantan memiliki suara gancor yang lantang dengan durasi yang Panjang. Oleh sebab itu sangat diperlukan kemampan untuk membedakan jenis kelamin burung kenari, jika ingin melakukan budidaya burung kuning ini.

Memang untuk menentukan jenis kelamin burung kenari itu susah-susah gampang, tergantung pengalaman yang dimiliki. Namun sebenarnya ada ciri fisik atau ciri sifat yang dapat dipakai untuk menentukan jenis kelamin burung kenari dan sebenarnya itu tidak susah. Nah jika anda ingin bisa mengetahui cara membedakan kelamin burung kenari jantan dan betina simak ciri-ciri berikut. Namun perlu diingat usia burung yang muda akan sedikit mempersulit proses identifikasi jenis kelamin.

Ciri-Ciri Burung Kenari Jantan

  1. Pada usia 3-5 hari, Saluran pembuluh vena (saluran kelamin jantan) akan terlihat dibagian perut yang terlihat lebih turun dari perut menuju dubut (seperti garis benang hitam).
  2. Saat kenari mulai masuk ke usia 7 hari maka posisi mata akan terlihat sejajar dengan paruhnya.
  3. Kepala burung kenari jantan terlihat lebih ramping dari pada burung kenari betina.
  4. Lompatan yang dimiliki burung kenari jantan akan memiliki jarak yang sedikit lebih jauh dibandingkan burung betina. Hal ini dapat diamati pada burung kenari pada saat usia 2-3 minggu.
  5. Memiliki tubuh yang relatif Panjang dan ramping.
  6. Memiliki kaki yang Panjang dan jari yang lebih renggang.
  7. Dubur sedikit menonjol kedepan.
  8. Pada tulang belakang berwarna sedikit pekat.

Ciri-Ciri Burung Kenari Betina

  1. Dubur burung betina terlihat lebih datar.
  2. Pada tulang belakang kenari betina memiliki warna yang terang dan mencolok.
  3. Memiliki kaki yang pendeng dan pada jarinya memiliki jarang yang rapat.
  4. Tubuh relatif memiliki bentuk yang bulat dan kecil.
  5. Kepala sedikit berbentuk bulat.

Selain melihat beberapa ciri-ciri diatas, kamu juga dapat memastikan jenis kelamin burung kenari yang kamu miliki dengan cara mendengarkan suara dari burung kenari itu sendiri. Jika burung kenari mengeluarkan suara yang variatif dan ngerol dengan durasi yang lama, maka sudah dapat dipastikan maka burung kenari tersebut merupakan kenari jantan.
Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina Reviewed by ibnu facrudin on Februari 07, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.