Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula
Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula

Taryono.com - Salah satu ikan air tawar yang memiliki potensi besar untuk dibudidayakan adalah ikan gurame. Ikan gurame sendiri merpakan jenis ikan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, mungkin karena ikan ini memiliki rasa daging yang enak dan tebal. Meskipun tergolong banyak peminatnya, namun nyatanya peterak dari ikan gurame sendiri masih sagat sedikit. Padahal ikan ini memiliki harga pasaran yang relative tinggi dan beranjak meningkat.

Meskipun untuk membudidayakan ikan gurame ini membutuhkan waktu yang tergolong lama, namun hampir semua faktor untuk membudidayakan ikan gurame saat ini sudah memadai. Dari data dan informasi mengenai tata acara membudidayakan ikan gurame yang mudah didapat, Ketersediaan pakan yang melimpah, serta ketersediaan bibit unggul. 

Nah jika anda adalah seseorang yang berniat unuk membudidayakan ikan gurame namun tidak memiliki lahan yang cukup luas, anda dapat memanfaat media terpal sebagai kolam ikan gurame. Namun perlu diingat jika kolam yang anda miliki tidak terlalu luas, jangan sekali-kali memaksakan memasukan bibit ikan dalam jumlah yang besar, karena hal ini dapat menghambat laju pertumbuhan dari ikan gurame. Umumnya dengan ukuran kolam 1 m2 dan kedalaman 90 cm dapat menampung sebanyak 10 ikan dengan bobot 2,5 ons saja.


Cara Ternak Ikan Gurame Agar Cepat Besar


Lokasi Kolam
Gurame merupakan salah satu ikan yang dapat hidup diberbagai tempat, namun tetap saja kodisi lahan seperti kondisi tanah, keasaman air, suhu air, serta oksigen sagat berpengaruh terhadap laju pertumbuhan dari ikan gurame. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi saat melakukan pemilihan lokasi ikan gurame, antara lain :
  • Air didalam kolam memiliki ketinggian antara 20-500 m dpl
  • Suhu 25-28 c
  • Ph antara 6,5 – 7 dengan kesadahan 7 HD
  • Jika menggunakan kolam tanah, usahakan tanah berstektur liat yang gembur dengan kandungan pasir 35 %.
  • Air yang kaya mineral serta zat hara.
  • Ketersediaan oksigen yang memadai didalam air kolam.

Persiapan Kolam Ikan Gurame
Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula
Kolam Terpal Ikan Gurame

Pada pembahasan kali ini Taryono.com hanya akan membahas mengenai pembuatan kolam yang terbuat dari terpal saja. Selain hemat hemat tempat, kolam terpal juga telah terbukti sangat efektif sebagai sarana budidaya ikan air tawar. Berikut proses pembuatan kolam terpal :
  1. Pembuatan kolam terpal depat dilakukan dengan megalilah tanah sedalam 90 cm, dan selanjutnya pasang Terpal pada lubang tersebut.
  2. Atau kolam terpal juga dapat dibuat dengan cara menaruh terpal diatas tanah, dengan penyangga / kerangka yang terbuat dari kayu atau besi, yang selanjutnya terpal dirangkai menyerupai bak. Pembuatan kolam jenis ini sangatlah menguntungkan bagi petani, karena dalam proses pembersihan model kolam ini relatif cukup mudah dan efisien.

Perlu diingat bahwa bahan Terpal memiliki kandungan kimia yang berbahaya bagi ikan gurame, untuk itu sebelum pembuatan kolam sebaiknya bahan terpal dicuci terlebih dahulu sampai bersih.

Pemilihan Benih Ikan Gurame
Untuk mendapatkan hasil yang mkasimal dalam budidaya ikan gureme, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit yang berkualitas. Pilihlah bibit ikan gurame yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Jika ada belilah bibit ikan dari petani yang terpercaya.
  • Benih gurame yang sehat biasanya memiliki gerakan yang aktif dan lincah.
  • Pada umumnya pada siang hari ikan gurame akan bergerombol.
  • Bibit gurame memiliki sisik yang mengkilap.
  • Benih ikan gurame tidak tampak cacat.
  • Usahakan cari bibit yang memiliki ukuran yang hampir sama, hal ini dilakukan guna memudahkan peternak untuk pemberian pakan serta meudahkan dalam perhitungan luas kolam.

Jika anda baru mau mulai mencoba membudidayakan ikan gurame, sangat disarankan untuk membeli bibit ikan gurame yang memiliki ukuran sekitar 5 cm keatas. Meskipun harga bibit dengan ukutan seperti itu memiliki harga yang relatif mahal, namun kemungkinan besar harapan keberhasilan dalam budidaya ikan gurame cukup tinggi dibandingkan dengan bibit ikan gurame yang masih kecil.

Pendederan Ikan Gurame
Sebelum memasukan bibit ikan gurame kedalam kolam, pastikan terlebih dahulu bahwa kolam telah terhindar dari zat-zat  berbahaya dan penyakit. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, lakukanlah penaburan garam sebanyak 2 ons/m3 kedalam kolam. Serta priksalah terlebih dahulu apakah bibtit gurame yang akan dimasukan kedalam kolam dalam keadaan yang sehat.
Sebelum bibit ikan gurame benar-benar dimasukan kedalam kolam, sebaiknya benih terlebih dahulu diadaptasikan dengan lingkungan sekitar, supaya bibit ikan gurame tidak mengalami stres. Caranya dengan memasukan ikan gurame yang masih berada didalam plastik kedalam kolam. Tunggu hingga dinding pada plastik wadah ikan gurame mengembun. Kemudian buka plastik dan masukan bibit ikan gurame secara perlahan kedalam kolam. Hal ini dilakukan supaya ikan dapat beradaptasi dengan suhu didalam kolam.

Pemberian Pakan Ikan Gurame
Ikan gurame pada umumnya merupakan hewan herbivora atau pemakan tanaman. Namun ketika ikan gurame masih pada ukuran benih maka mereka memiliki sifat karnivora, Salah satu jenis pakan berkualitas yang baik diberikan kepada bibit ikan gurame adalah kutu air dan cacing sutra.
Ikan gurame dapat diberikan pakan sebanyak 2 kali dalam sehari menggunakan pelet yang memiliki kandungan protein sebanyak 25% - 30%. Namun jika anda tinggal didareah yang sulit untuk mendapatakn pelet, anda bisa memanfaatkan pakan berupa daun aau sayuran seperti saun keladi, daun sente, daun kangkong, daun singkong, daun papaya serta daun ubi jalar. Lalu untuk membuat ikan gurame memiliki masa pertumbuhan yang baik dapat diberikan pakan tambahan berupa dedak, ampas tahu, labu, pakan buatan, atau labu.
Sebaiknya pakan diberikan secara teratur dan berkualitas maka tingkat pertumbuhan ikan gurame akan lebih cepat. Namun perlu diingat saat memberikan pakan pada ikan gurame, jangan berlebihan. Karena jika pakan sisa dibiarkan terlalu lama didalam kolam akan membuat air didalam kolam mengandung amoniak yang bersifat racun bagi ikan.

Perawatan Kolam Ikan Gurame
Supaya ikan gurame terlindungi dari berbagai penyakit dan parasit, bersihkanlah air didalam kolam ikan gurame secara teratur. Biasaya penggantian air dilakukan seminggu sekali dengan mengganti air sebanyak 30% secara periodik. Ha ini bertujuan supaya semua kotoran dialam kolam bisa hilang dan resiko ikan terkena peyakit menjadi minim.
Cara Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula Reviewed by ibnu facrudin on Februari 09, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.