Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

7 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

7 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan
7 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

Taryono.comPleurotus ostreatus atau jika di Indonesia disebut sebagai jamur tiram adalah salah satu jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes. Disebut jamur tiram karena bentuk dari jamur ini menyerupai kulit tiram, yang memiliki warna putih dengan bentuk setengah lingkaran. Jamur jenis ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi. Berbagai macam olahan dapat disajikan menggunakan jamur ini, salah satu satu hidangan popular yang terbuat dari bahan jamur tiram ini adalah jamur krispy.
Selain memiliki rasa yang enak ternyata jamur tiram juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Karena pada jamur ini mengandung banyak nutrisi yang terdiri dari zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, kalori, vitamin B, vitamin C, lemak tak jenuh, dan masih banyak lagi. Selain itu jamur tiran juga dapat dijadikan sebagai sumber protein yang baik bagi ubuh serta jamur tiram juga mengandung kandungan asam amino esensial yang cukup lengkap dan baik bagi kesehatan tubuh. Jadi jika seseorang mengonsumsi jamur tiram secara rutin, maka orang tersebut akan mendapatkan manfaat tubuh yang sehat. Dan berikut ini merupakan Berbagai Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Tubuh.

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan


Pelancar sirkulasi darah
Jamur tiram mengandung banyak nutrisi yang dapat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah hampir diseluruh jaringan tubuh manusia. Hal ini pula yang membuat tubuh menjadi tidak gampang pegal-pegal dan tidak mudah mengalami kejang otot.

Dapat Mencerdaskan Otak
Nutrisi lengkap yang dimiliki oleh jamur tiram dapat meningkatkan kualitas sel-sel otak menjadi lebih sensitive dan mudah mencerna terhadap segala informasi yang diberikan oleh tubuh. Maka dari itu anak-anak disarankan untuk rutin mengonsumsi jamur tiram.

Menyehatkan Janin
Bagi wanita hamil yang memerlukan  banyak asupan nutrisi dapat mengonsumsi jamur tiram secara teratur untuk membantu tumbuh kembang janin menjadi lebih baik.  Sehingga secara tidak langsung jamur tiram dapat mencegah kelahiran janin menjadi cacat.

Pengendali Kolesterol Jahat
Jamur tiram memiliki nutrisi yang hampir setara dengan daging. Meski begitu jamur tiram hampir tidak memiliki kandungan kolesterol didalamnya. Dengan demikian jamur tiram dapat memberi asupan gizi yang cukup tanpa harus menambah kolesterol jahat didalam tubuh. Kelebihan jamur tiram ini ternyata sudah diteliti oleh United Statates Drugs and Andmiration dan menghasilkan bahwa, mengonsumsi jamur tiram secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Anti oksidan alami
Jamur tiram memiliki banyak sifat anti oksidan alami seperti Vitamin B, Vitamin C dan Vitamin D2, jadi jamur tiram sangat cocok untuk mencegah efek radikal bebas yang dapat menggangu ksehatan tubuh. Seperti asap, debu dan partikel halus lainya.

Sumber Protein
Kandungan asam amino lengkap yang ada didalam jamur tiram dapat dijadikan sebagai sumber protein tambahan bagi tubuh. Karena protein yang terkandung didalam jamur tiram mencapai 10-30 %, angka ini lebih tinggi dibandingkan gandum 13,2%, beras 7 % serta susu sapi 25 % saja.

Pencegah Kangker Payudara dan Kangker Prostat
Asam linoleate yang terkandung didalam jamur tiram dapat menekan timbulnya efek estrogen yang menjadi cikal bakal kangker paudara pada kaum wanita setelah menopause. Selain itu jamur tiram juga mengandung Beta-glucan yang dapat menghambat sel kangker prostat pada kaum pria.

Selain 7 Manfaat Jamur tiram diatas, berikut ini merupakan berbagai manfaat lainya yang dimiliki jamur tiram :
  1. Mencegah gangguan fungsi jantung
  2. Mengatasi gangguan tidur
  3. Meredakan Stres
  4. Menurunkan berat badan
  5. Sumber energi tambahan bagi tubuh
  6. Mencegah berbagai kanker
  7. Menghilangkan bau badan
  8. Menyegarkan badan
  9. Melancarkan aliran darah
  10. Meningkatkan konsentrasi
  11. Menghilangkan nyeri sendi
  12. Membuat mata jernih
  13. Menghaluskan kulit
  14. Mengatasi radang
  15. Menyehatkan organ hati
  16. Mencegah kuman dan bakteri
  17. Mencegah penyakit hipertensi
  18. Mencegah tumor
7 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Reviewed by eio arts on Februari 02, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.