Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Manfaat dan Bahaya Ikan Lele Bagi Kesehatan

Ikan lele meruakan satu dari sekian banyak jenis ikan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak dan gurih, ikan lele juga terkenal dengan harganya yang cukup terjangkau sehingga banyak masyarakan yang menjadikan ikan lele ini sebagai hidangan utama dirumahnya.


Selain rasa yang enank dan harganya yang murah, ikan lele ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti kandungan vitamin B1, B2, protein, dan kandungan lainnya. Sangat baik untuk menjaga kesehatan didalam tubuh. Namun perlu diingat terlalu banyak menggonsumsi ikan lele ternyata juga tidak baik bagi tubuh. Banyak sekali dampak yang ditimbulkan jika kita terlalu sering mengonsumi ikan lele. Untuk lebih jelasnya berikut adalah Manfaat dan Bahaya Ikan Lele Untuk Kesehatan.

Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan


Ikan Lele Rendah Akan Lemak
Kandungan lemak pada ikan lele bisa dibilang sangat rendah dan bersifat sangat sederhana yaitu natural atau trigliserida. Dalam 100 gram ikan lele sendiri hanya mengandung lemak sekitar 6,1 gram dan 122 kalori saja. Terdapat juga kandungan lemak yang bersifat komplek sehingga jika kita mengonsumsi ikan lele secara teratur dapat bermanfaat sebagai media untuk menekan kolesterol dalam tubuh.
Meski rendah akan lemak, perlu diperhatikan juga porsi makan dan cara untuk pengolahannya, agar kandungan lemak, kadar kalori, dan kolesterol didalam ikan lele tidak meningkat. Untuk itu sangat disarankan dalam mengolah ikan lele argar tidak digoreng, melainkan di kukus, dibakar, dipanggang atau dibuat sup.

Menurunkan Tekanan Darah
Hipertensi atau masalah tekanan darah yang naik turun atau tidak setabil ternyata dapat diatasi dengan mengonsumsi ikan lele sacara teratur. Dimana ikan lele memiliki manfaat sebagai media untuk menurunkan tekanan darah yang tidak setabil, sehingga dengan mengonsumsi ikan lele secara teratur maka tekana darah akan terjaga dan stabil.

Seumber Protein Lengkap
Setiap ekor ikan lele memiliki kandungan protein dengan kualitas tingi sebanyak 15,6 gram yang mampu memenuhi kebutuhan asam amino didalam tubuh. Kandungan protein dengan kualitas tinggi tersebut mampu membantu tubuh dalam membangun masa otot tanpa lemak, selain itu kandungan protein ini juga mampu meingkatkan efektivitas dari fungsi kekebalan tubuh.

Ikan Lele Mengandung Asam Lemak Sehat
Didalam satu ekor ikan lele megandung 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Dengan demikian mengonsumsi ikan lele secara teratur dapat menigkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan nutrisi ini sendiri bermanfaat bagi kesehatan jantung dan fungsi kognotif.

Sumber Vitamin B-12
Kandungan vitamin B-12 yang sangat tinggi dalam ikan lele ternyata mampu memenuhi 40 % dari kebutuhan vitamin B-12 didalam tubuh tiap harinya. Vitamin ini bersifat larut didalam air, sehingga vitamin ini berperan dalam system saraf, fungsi otak, serta pembentukan darah. Selain itu vitamin B-12 juga sangat pentig untuk membantu proses pemecah makanan yang di konsumsi sebagai energi.

Ikan Lele Kaya Akan Kandungan Pospor
Didalam 100 gram ikan lele memiliki kandungan pospor yang cukup tinggi yaitu sebanyak 168 mg. kandungan pospor sendiri berfungsi untuk membantu proses penyerapan kalsium, memberi energi dan kekuatan pada metabolisme pati dan lemak, serta menjadi penunjang dalam menjaga kesehatan gusi dan gigi.


Bahaya Ikan Lele Bagi Kesehatan


Namun dengan berbagai kelebihan yang dimiliki ikan lele, ternyata jika kita mengonsumsi ikan lele secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi tubuh, berikut ini merupakan beberapa dampak buruk yang ditimbulka jika seseorang mengonsumsi ikan lele secara berlebihan.

Berisiko terkena penyakit jantung
Bukan karena kandungan zat didalam ikan lele, melainkan dampak ini terjadi karena pengolahan atau cara memesak yang tidak benar, seperti menggoreng ikan menggunakan minyak trans dapat memicu penyumbatan pembuluh arteri jantung, yang dapat menyebabkan penyakit gagal jantung, jantung coroner serta gagguan jaunting yang berbahaya.

Kandungan Bakteri dalam ikan Lele
Ikan lele cenderung lebih menyukai keadaan air yang keruh dan kotor, sehingga secara tidak langsung air yang ada didalam koalam mengandung banyak bakteri yang sangat berbahaya bagi tubuh. Efek samping yang terjadi jika seseorang terlalu sering memakan ikan lele secara berlebihan adalah terkena penyakit sakit perut dan diare.

Beresiko terkena penyakit Hipertiroid
Kebiasaan peternak ikan lele saat ini adalah memanfaatkan bangkai hewan atau kotoran sebagai makanan tambahan bagi ikan lele. Hal ini tentu saja berdampak pada kualitas daging ikan yang dihasilakn, karena dengan mengonsumsi ikan dengan kualitas demikian dapat menyebabkan gangguan pada leher yang terasa nyeri atau sering disebut Hipertiroid serta timbu bengkak, infeksi serta peradangan.

Tips menghindari efek samping dari mengonsumsi ikan lele, yaitu :
  • Belilah ikan lele yang masih segar atau yang masih hidup dan saat dipelihara ikan dipelihara di air yang bersih.
  • Masaklah ikan lele menggunakan minyak yang baru atau yang masih baik, jika bias olahlah ikan dengan cara dikukus, direbus , dibakar atau dipanggang saja. Cara ini dapat mengurangi kandungan lemak didalam ikan lele.
  • Hindari mengonsumsi ikan lele setengah matang.
  • Kosumsilah ikan lele berbarengan dengan sumber gizi lainya seperti tempe atau telur secara teratur serta tidak berlebihan.
Manfaat dan Bahaya Ikan Lele Bagi Kesehatan Reviewed by eio arts on Januari 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.