Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Ampuh Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Salah satu momok menakutkan yang menghantui para petani Indonesia saat ini adalah hama wereng yang meraja lela. Banyak petani di daerah-daerah di Indonesia mengalami penurunan pendapatan akibat tanaman padinya diserang hama wereng. Bahkan ada beberapa petani didaerah tertentu mengalami gagal panen total akibat serangga kecil ini, alhasil banyak petani yang mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Taryono.com - Salah satu momok menakutkan yang menghantui para petani Indonesia saat ini adalah hama wereng yang meraja lela. Banyak petani di daerah-daerah di Indonesia mengalami penurunan pendapatan akibat tanaman padinya diserang hama wereng. Bahkan ada beberapa petani didaerah tertentu mengalami gagal panen total akibat serangga kecil ini, alhasil banyak petani yang mengalami kerugian yang tidak sedikit.

Cara Ampuh Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi
Cara Ampuh Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Wereng sendiri memiliki banyak jenis, hama wereng hijau dan hama wereng loreng merupakan hama yang menyerang tanaman padi dengan menyebarkan virus tungro, dimana virus jenis ini dapat menyebabkan tanaman padi menjadi kerdil dan bulir padi menjadi kosong. Selain kedua jenis wereng diatas ternyata masih ada satu jenis lagi yang menjadi momok menakutkan bagi para petani, yaitu hama wereng cokelat. Wereng jenis ini menyerang tanaman padi dengan cara menyerang fisik tanaman padi secara langsung, hal ini menyebabkan tanaman padi akan menjadi kering dan mati. Wereng jenis ini menyerang tanaman padi dari masa pembibitan, anakan, hingga masa masak atau pengisian bulir padi.

Gejala yang dapat dilihat jika tanaman padi terkena serangan hama wereng ialah pada rumpun padi terlihat menguning daunya. Selanjutnya tanaman padi akan menguning dalam waktu yang cepat dan terlihat seperti terbakar. Jika pada tahap ini masih dibiarkan saja, tanaman padi biasanya akan mengering dan terlihat berbentuk melingkar. Pada tahap ini sudah dapat dipastikan populasi hama wereng yang menyerang tanaman padi sudah sangat besar.

Biasanya pada musim penghujan populasi wereng meningkat drastis, hal ini terjadi lantaran wereng sangat menyukai daerah yang lembab dan bersuhu antara 20 – 30 drajat celcius. Untuk itu para petani dihimbau untuk waspada saat memasuki musim penghhujan tiba, karena jika lengah sedikit bias-bisa pada musim ini petani akan mengalami gagal panen. Untuk mengatasi hama wereng ini dapat dilakukan dengan cara penaganan secara dini dan penyemrotan insektisida jika hama wereng sudah membesar.

Cara Menghindari Hama Wereng

  • Hindarilah menanam tanaman padi dengan jarak yang rapat, sangat direkomendasikan menggunakan system tanam jajar legowo 2:1 atau 3:1.
  • Lakukanlah pengamatan rutin pada tanaman padi.
  • Terapkanlah pergiliran varietas pada pada lahan yang digarap.
  • Gunakan varietas tanaman padi yang tahan terhadap serangan wereng.
  • Gunakan kepik,laba-laba,kumbang,belalang dan capung kecil sebagai musuh alami dari wereng.


Membasmi Hama Wereng dengan Pestisida


Cara ini merupakan cara yang paling umum digunakan dalam pembasmian hama wereng. Jenis pestisidapun sangat beragam dan sudah banyak tersedia ditoko-toko pertanian. Hal ini membuat petani bingung saat memilih pestisida yang diinginkan. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa Insektisida Terbaik Untuk Mengatasi Hama Wereng Cokelat.
  1. Applaud yang mengandung bahan aktif, insektisida ini mempunyai cara kerja menghambat pergantian kulit pada wereng cokelat, meskipun wereng tidak langsung mati namun insektisida jenis ini sagat efektif untuk membasmi hama wereng dan memiliki harga yang relative murah.
  2. Mipcin, Mipcindo, Mipcarb, dan lain-lain merupakan insektisida yang memiliki bahan aktif MIPC. Cara kerja dari insektisida adalah dengan kontak langsung dengan hama wereng.
  3. Bassa, Dharmabas, Baycarb Kiltopdan lain-lain merupakan insektisida yang memiliki bahan aktif BBMC. Cara kerja insektisida ini sendiri hampir sama dengan MIPC namu penggunaan insektisida jenis ini harus dalam konsentrasi yang besar (2-4 ml/liter).
  4. Virako merupakan insektisida yang memiliki bahan aktif tiametoksan dan klorantraniliprol. Insektisida jenis ini merupakan insektisida generasi terbaru dan memiliki banyak sekali kelebihan untuk mengendalikan hama pada tanaman padi. Namun sayangnya insektisida ini memiliki harga yang relative mahal.


Membasmi Hama Wereng dengan Pestisida alami


Dalam pembuatan pestisida alami ini tidaklah susah, petani hanya perlu menyiapkan beberapa bahan sederhana seperti biji sirsak atau daun sirsak, biji mahoni,dan bahan-bahan lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah Cara Membuat Pestisida Alami :
  1. Tumbuk daun sirsak, bawang putih serta rimpang jeringau secara halus.
  2. Jika bahan-bahan diatas sudah dihaluskan, maka selanjutnya campurkan bahan tadi dengan sabun colek.
  3. Setelah merata bahan-bahan tadi direndam kedalam air sebanyak 20 liter dan biarkan salami 2 hari.
  4. Selanjutnya saring air rendaman tadi menggunakan kain halus.
  5. Untuk 1 liter air hasil saringan tadi dapat dilarutkan dalam air  sebanyak 15 liter, yang kemudian dapat digunakan untuk menyemprot seluruh tanaman padi di sawah.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget