Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Memanen Madu Yang Baik dan Benar

mungkin bagi sebagian orang awam untuk memanen madu langsung dari sarangnya adalah suatu hal yang sangat menakutkan. sehingga banyak orang yang engan untuk memelihari hewan yang kecil ini, padahal jika kita tekuni untuk memelihara lebah madu, keuntungan yang kita dapat tidaklah sedikit, untuk itulah hari ini saya akan memberikan tips kepada kamu semua mengenai cara memanen madu langsung dari sarngnya.

Cara Memanen Madu Yang Baik dan Benar

Jika kalian Telah Membaca artikel Cara Ternak Lebah Madu dan telah menerapkannya maka hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah mengetahui bagaimana Cara Memanen Madu dari peternakan lebah madu yang kita miliki dengan baik dan benar, mungkin bagi sebagian orang awam untuk memanen madu langsung dari sarangnya adalah suatu hal yang sangat menakutkan. sehingga banyak orang yang engan untuk memelihari hewan yang kecil ini, padahal jika kita tekuni untuk memelihara lebah madu, keuntungan yang kita dapat tidaklah sedikit, untuk itulah hari ini saya akan memberikan tips kepada kamu semua mengenai cara memanen madu langsung dari sarngnya.

 

Cara Mudah Memanen Madu


Hal pertama yang harus diperhitungkan untuk memanen madu adalah waktu yang tepat karena jika kita memanen madu pada waktu yang tidak tepat maka madu yang akan kita ambil tidak akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Untuk memanen madu sebaiknya dilakukan pada hari yang cerah karena pada saat itulah lebah sedang sibuk mencari makanan, dan lebah sendiri mencari makanan sekitar pukul 09.00 sampai 16.00, dengan demikian saat kita akan memanen madu yang berada disarang hanya akan tersisa beberapa lebah saja. Selain itu kamu juga harus mengetahui bahwa kualitas madu yang dihasilkan oleh lebah juga dipengaruhi oleh musim, karena lebah akan berhenti menghasilkan madu dan menimbun makanan bagi ratu lebah pada akhir musim panas dan awal musim gugur. sehingga sebagian ruang dalam sarang lebah akan dibiarkan kosong. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya kamu memanen madu sebelum musim panas berakhir dan sebelum musim gugur dimulai.
Untuk jarak pemanenan sendiri kamu dapat memanenya dua hingga tiga minggu setelah nektar utama mengeluarkan madu, jika kamu belum yakin akan hal ini kamu dapat bertanya kepada petani madu yang sudah berpengalaman akan hal ini, selain cara tersebut kamu juga dapat menentukan pemanenan lebah dengan cara menimbang sarang lebah pada setiap malam selama pertengahan bulan.
Kemudian hal yang harus kamu siapkan adalah peralatan pelindung tubuh, jika kamu punya biyaya lebih sebaiknya kamu membeli pakaian pelindung peternak lebah. namun jika kamu tidak memiliki biyaya untuk membeli pakaian ini, kamu dapat menggunakan sarung tangan tebal yang digunakan sampai ke siku, topi bertudung atau benda yang dapat melindungi kepala, dan pakaian yang memiliki lengan panjang dan tentu saja kamu harus mengenakan celana panjang (sebisa mungkin semua bagian tubuh tertutupi dengan aman) namun sangat disarankan untuk memakai cara pertama yaitu membeli pakaian khusus lebah.
Untuk menabah tingkat keamanan , kamu dapat mengusir lebah-lebah dengan cara menyemprotkan asap pada sarang lebah, pertama siapkan alat pengasap dan nyalakan, kemudian arahkan alat tadi ke belakang sarang lebah dan hembuskan asap keseluruh sarang lebah. hal ini dapat merusak penglihatan silebah, kemudian buka atap dari sarang lebah dan hembuskan asap kedalam sarang. Mengapa harus menggunakan asap ?
  • Untuk alat penyemprot asap kamu dapat membuatnya sendiri dengan cara, siapkan kaleng yang didalamnya berisi kertas, kemudian bakarlah kertas tersebuat dan arahkan asap kesarang lebah.
  • Asap dapat membuat lebah berpindah kebagian dasar sarang dan menjauhi puncak sarng lebah.
  • Saat asap masuk kedalam saranh lebah, lebah akan mengira sarang yang dimiliknya telah terbakar, lalu lebah akan membasahi tubuhnya dengan madu dan lebahpun menjadi lemah, sehingga lebah tidak banyak melawan (Mungkin karena ketakutan )
  • Namun perlu diingat jangat terlalu banyak menyemprotkan asap kedalam sarang, karena hal ini dapat mempengaruhi cita rasa madu yang dihasilkan. Jadi jika kamu terlalu banyak menghembuskan asap kemungkinan madu yang kamu panen akan sedikit rusak.
Setelah kondisi dirasa sudah kondusif buka perlahan sarang lebah, kamu dapat membuka penutup sarang lebah dengan cara mencongkel tutup sarang lebah tersebut menggunakan alat seperti linggis berukuran kecil. Kenapa harus dengan linggis ?
  • Karena Lebah melapisi ujung sarangnya dengan bahan sejenis resin yang biasa disebut propolis, lapisan ini cukup kuat untuk melindungi sarang lebah sehingga kamu tidak akan bisa membuka tutup sarang lebahnya dengan tangan kosong.
Tahap berikutnya adalah membersihkan lebah dari sarang, pada bingkai sarang lebah atau tempat menyimpan madu ini biasanya masih terdapat sisa-sisa lebah yang masih menempel, oleh karena itu kamu dapat menyingkirkan lebah tersebut secara perlahan dengan cara ,1). jika kamu memiliki alat peniup udara kamu dapat menggunakn alat ini untuk mengusir lebah yang masih menempel pada sarang (Cara ini sangat direkomendasikan) 2). Namun jika kamu tidak memiliki alat peniup udara kamu dapat menggunakan sikat, namun cara ini memiliki resiko yang cukup tinggi karena dengan mengusir lebah menggunakan sikat lebah akan terusik dan akan menyerang manusia yang ada disekitarnya. 3). Jika kamu menemukan lebah yang terperangkap didalam madu kamu harus mau tidak mau mengambilnya menggunakan tangan.

Setelah sarang madu berhasil diambil jangan biarkan madu terlalu lama terpapar udara karena aroma madu akan menarik perhatian para lebah dan akirnya lebah-lebah tersebut berkerumun pada sarang lebah tersebut. Ada baiknya jika madu lagsung diproses setelah sarang diambil dan pada saat itu madu akan cukup cair untuk diambil dan jika dibiarkan terlalu lama madu akan mengeras. Jika madu terlanjur mengeras kamu tidak perlu kawatir karena kamu dapat mengakalinya dengan cara menyimpanya ditempat yang hangat dan terkena sinar matahari agar madu kembali mencair. Itulah tadi Cara Memanen madu yang aman langsung dari sanrang lebah. mungkin kamu dapat memodifikasi cara-cara diatas agar lebih mudah dan aman untuk kamu lakukan, untuk artikel berikutnya saya akan membahas mengenai Cara Mengekstrak Madu Menggunakan Mesin Maupun Tanpa Mesin jadi kunjungi terus ya Blog Taryono.com ini, mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan jika ada kata atau kalimat yang salah atau kurang berkenan mahon maaf ya :) semoga bermanfaat.
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget