Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah

Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah - Pemanfaatan madu dikalangan manusia sudah dilakukan sejak beberapa abad yang lalu, selain madu dapat digunakan untuk meggantikan fungsi gula, madu juga dapat digunakan untuk media kesehatan untuk mengetahui manfaat madu lebih jauh lagi bisa baca 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan , namun pada era moderen seperti ini banyak orang-orang yang tidak bertanggunag jawab menjual madu dengan kualitas yang seadanya bahkan madu juga dioplos dengan bahan-bahan yang tidak wajar, lalu bagai mana kita mendapat madu dengan kualitas yang baik, ada beberapa cara untuk mendapatkan madu dengan kualitas yang sangat bagus caranya yaitu pertama belilah madu langsung dari peternak lebah, kedua cari madu sendiri dihutan, dan yang terakhir yaitu memelihara koloni lebah madu untuk menghasilkan madu dengan kualitas yang sangatlah bagus. Dan kali ini saya hanya akan membahas nomer tiga saja yaitu memelihara lebah madu sendiri dengan cara yang sangat sederhana.

Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah
Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah

Sebagian orang jika mendengar kata lebah pasti yang ada di benak mereka adalah sengatanya yang sangatlah sakit, namun ada juga orang yang rela tersengat ribuan lebah dan bisa saja dia terjatuh dari pohon yang tidak rendah hanya utuk mendapatkan madu, teknik yang digunakan oleh parapemburu madu yaitu dengan cara mengasapi sarang lebah yang ditemukan, karena indara pada lebah jika terkena asap tidak akan berfungsi dengan baik dan kemungkinan tersengat oleh lebah sangatlah kecil. Selain madu para pemburu madu juga akan mengambil anak-anak lebah untuk mereka konsumsi. namun ada juga para pemburu madu yang mencari ratu lebahnya saja dan dia gunakan untuk memancing lebah pekerja untuk menempati sarang yang sudah disediakan oleh si pemburu.
Sebenarnya untuk memelihara lebah madu tidak membutuhkan teknik yang khusus dan tidak pula membutuhkan waktu yang lama, namun kamu juga harus memperhatikan kondisi lingkungan yang memadai selain itu kamu harus yakin bahwa lebah yang kamu pelihara telah cukup mendapatkan makanan yang berasal dari tanaman jeruk, mangga, kacang-kacangan, bunga-bunga kelapa, atau tanaman-tanaman lain, sebisa mungkin hindarkan sarang lebah dari petani yang terlalu banyak menggunakan pestisida, karena hal ini dapat membuat lebah tidak dapat berkembang dan akhirnya mati. Nah jika semua syarat diatas sudah kamu penehui kamu tinggal mengikuti tahap-tahap dibawah ini.
Dalam satu sarang lebah ditinggali oleh 3 jenis lebah yang memiliki perang yang masing-masing sangatlah penting untuk kehidupan lebah :

Lebah Ratu

Lebah ratu adalah lebah betina yang memiliki peran yang sangatlah penting dalam kelangsungan hidup para koloni lebah.ratu lebah dapat meghasilkan kurang lebih seribu telur dalam stu hari, dan telur yang dibuahi akan menjadi lebah pekerja atau lebah ratu. sedangkan telur yang tidak dibuahi akan menjadi lebah jantan. Lebah madu memiliki umur rata-rata 4-6 tahun dan lebah ratu akan membuat koloni yang sangt besar selama hidupnya. Lebah ratu tidak mencari makan sendiri melainkan dia akan mendapatka makanan dari para koloni. Untuk membedakan lebah ratu dengan lebah pekerja yaitu dengan cara melihat ciri-ciri fisiknya yaitu bentuk dari lebah ratu yang lebih besar dan paling panjang selain itu lebah ratu memilik warna tubuh kuning muda, jadi sangat mudah untuk membedakan lebah ratu dengan lebah pekerja.

Lebah Pekerja

Lebah pekerja dalam satu koloni berjumlah kurang lebih 30 ribu ekor lebah. Yang membedakan lebah pekerja dengan lebah ratu iyalah lebah pekerja memiliki badan yang lebih kecil, kepala berbentuk segitiga dan kaki belakang ditutup oleh bulu yang panjang dan bulu panjang ini sendiri berfungsi sebagai penyimpan tepung sari. Selain itu lebah pekerja mempunyai pekerjaan yang tidak mudah yaitu : memberi makan lebah ratu, membersihkan sarang, menjaga sarang dari serangan musuh, mengumpulkan nektar, tepung sari, serta air, dan membangun sarang, jadi lebah pekerja ini sangatlah penting peranya dalam koloni.

Lebah Jantan

Bisa dibilang peran lebah jantan ini adalah peran yang paling menyenagkan, karena lebah jantan hanya memiliki tugas untuk mengawini lebah ratu saja.


Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah

Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah
Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah

  1. Hal yang harus disiapan terlebih dahulu adalah sarang yang akan ditempati oleh lebah madu, disini saya menggunaka sarang dengan bentuk kotak.
  2. Kotak bagian atas terbuka
  3. Tutup tebuat dari kayu yang tidak saya paku.
  4. Jika alat-alat diatas sudah tersedia kita tinggal mencari koloni lebah yang akan kita pelihara.
  5. Jika sudah menemukan koloni lebah, lalu ambil tutup yang terbuat dari kayu tadi untuk menggiring koloni-koloni lebah untuk dimasukkan kedalam kotak sarang. Sambil terus menggiring carilah lebah ratu, setelah menemukan lebah ratu ambil dan potong sayapnya, tenang karena lebah ratu tidak akan menyengat kamu  karena lebah akan mati setelah menggunakan alat sengatnya, dengat peran ratu lebah yang cukup penting maka ratu lebah tidak akan menyia-niakan hidupnya. Dan perlu diingat setelah sayap ratu lebah terpotong jangan sampai ratu lebah terjatuh ketanah, karena para lebah pekerja tidak akan ikut ratu lebah yang berada ditanah malahan para lebah pekerja mencari ratu lebah yang lainya.
  6. Setelah itu letakkan ratu lebah tadi pada tempat yang setrategis, seperti diatas agar para koloni dapat dengan mudah menemukan sang ratu lebah, untuk berjaga-jaga buatlah tempat khusus sebesar tempat korek lalu beri jaring tarnsparan untuk wadah ratu lebah.
  7. Setelah semuanya selesai kamu tinggal menuggu para koloni menemukan ratu lebah dan akan menempati sarang yang relah kamu buat tadi. 

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan hari ini semoga artikel Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan, untuk cara pemanenan madu sendiri akan saya terangkannya nanti. jadi tetap kunjungi blog Tarono.com terus ya.
Cara Mudah Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah Reviewed by eio arts on Agustus 08, 2017 Rating: 5

1 komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.