Halloween Costume ideas 2015
TARYONO

Berbagi Ilmu Mengenai Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Cara Budidaya Bunga Mawar Untuk Pemula

Bunga mawar merupakan salah satu dari sekian banyak jenis bunga yang paling digemari oleh hamir semua kalangan orang. Meskipun batang dari bunga ini memiliki duri yang cukup tajam namun tak menyurutkan orang-orang untuk membeli bahkan menanam bungga ini diperkarangan rumhnya. Bunga mawar sendiri berasal dari daratan cina, Timur Tengah dan Eropa bagian Timur. Untuk di Indonesia sendiri Jenis bunga mawar yang paling banyak ditanam adalah jenis mawar hibrida yang berasal dari negara Belanda

Bunga mawar merupakan salah satu dari sekian banyak jenis bunga yang paling digemari oleh hamir semua kalangan orang. Meskipun batang dari bunga ini memiliki duri yang cukup tajam namun tak menyurutkan orang-orang untuk membeli bahkan menanam bungga ini diperkarangan rumhnya. Bunga mawar sendiri berasal dari daratan cina, Timur Tengah dan Eropa bagian Timur. Untuk di Indonesia sendiri Jenis bunga mawar yang paling banyak ditanam adalah jenis mawar hibrida yang berasal dari negara Belanda. Selain memiliki bentuk yang cantik bunga ini juga memiliki manfaat, beberapa manfaat yang wajib untuk kita ketahui sebelum melakukan budidaya bungga mawar. Antara lain :
Cara Budidaya Bunga Mawar Untuk Pemula
Cara Budidaya Bunga Mawar Untuk Pemula

Manfaat Bunga Mawar

  • Bunga mawar dapat dimanfaatkan sebagai media tanaman hias di Taman ataupun di Halaman terbuka.
  • Selain itu bunga mawar juga dapat ditempatkan pada media pot sebagai media tanaman hias.
  • Kelopak bunga mawar dapat digunakan sebagai media bunga tabur.
  • Bunga mawar yang memiliki tangai panjang dapat digunakan untuk dijadikan bunga potong.
  • Sebagai bahan pembuatan parfum

Tempat Yang Cocok Untuk Menanam Bunga Mawar


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat melakukan budidaya bunga mawar, Penanaman bungga dilakukan secara langsung pada media tanah permanen ataupun menggunakan media pot yang memiliki jenis tanah liat berpasir dimana kandungan tanah liat itu sendiri memiliki kisaran 20-30% dan memiliki kriteria Subur,gembur, aerasi, draenase baik dan memiliki bahan organik yang baik. Selain itu drajat keasaman tanah yang ideal untuk menanam bunga mawar adalah pH = 5.5-7.0. Nah jika tanah yang dimiliki termasuk pada tanah asam yang memiliki tingkat keasaman pH 5.0, maka tanah perlu diberikan kapur Dolomit, Calcit ataupun Zeagro dengan dosis 4-5/hektar. Penambahan bahan ini bertujuan untuk meningkatkan pH pada tanah, memperbaiki mikroorganisme, menambah unsur Mg dan Ca, Memperbaiki bintil-bintil akar, mengurangi keracunan Mn, Fe dan Al Selain itu penambahan bahan ini juga dapat menambah ketersediaan untur p dan Mo.
Setelah menentukan jenis tanah yang akan digunakan untuk media tanam bunga mawar hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah tinggat ketinggian tempat untuk menanam bunga mawar. Dimana standar ketinggian yang baik untuk budidaya bunga mawar antara lain :

  • Memiliki ketinggian 560 sampai 800 mdpl dan memiliki suhu minimal antara 16-18 drajat celcius serta memiliki suhu maksimal antara 28-30 derajat celcius. 
  • Memiliki ketinggian diatas 1000 mdpl dan memiliki suhu minimal antara 14-16 drajat celcius serta memiliki suhu maksimal antara 24-27 derajat celcius. 
  • Memiliki ketinggian diatas 1400 mdpl dan memiliki suhu minimal antara 13-15 drajat celcius serta memiliki suhu maksimal antara 19-22 derajat celcius. 

Pembibitan Bunga Mawar

Cara Budidaya Bunga Mawar Untuk Pemula
Bunga Mawar

Sebelum melakukan pembibitan terlebih dahulu dilakukan pemilihan bibit yang baik dan sehat dengan cara memasukan biji bunga mawar ke dalam wadah yang berisikan air dan tunggu beberapa saat. Jika biji tenggelam maka biji tersebut termasuk bibit dengan kualitas yang baik namun sebaliknya jika biji bunga mawar mengapung maka biji tersebut termasuk biji yang tidak baikt. Setelah menemukan biji dengan kualitas yang baik maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan penyemaian benih bunga mawar dengan cara sebagai berikut :

Teknik Penyemaian Benih Mawar

  • Setelah memilih biji dengan kualitas yang baik maka selanjutnya cuci biji bunga mawar tadi menggunakan air bersih.
  • Kemudian tiriskan biji mawar tadi pada tempat yang teduh dan selanjutnya biji akan segera disemaikan pada bak penyemaian.
  • Semaikan biji bunga mawar tadi secara merata dan memiliki jarak antara 5-10cm per biji. biji akan mulai berkecambah pada usia tanaman mencapai 4 minggu.
  • Siram media penyemaian biji mawar secara teratur sebanyak 1-2 kali/hari.
  • Jika ada beberapa bibit yang tumbuh lebih besar maka pindahkanlah bibit tadi kedalam wadah polybag kecil yang telah diisi tanah,pasir dan pupuk dengan perbandingan 1:1:1.
  • Setelah tanaman mencapai usia 22 bulan maka selanjutnya pindakan tanaman tadi ke media permanen yang telah disediakan sebelumnya.

Perawatan Tanaman Bunga Mawar

Untuk mendapatkan hasil bunga mawar yang maksimal diperlukan perlakuan kusus untuk tanaman bunga mawar dan perawatan yang benar untuk merawat tanaman bunga mawar antara lain :
  • Penyiraman pada tanaman bunga mawar dilakukan minimal satu kali dalam satu hari baik itu pada pagi hari ataupun pada sore hari. Sangat disarankan untuk tidak menyiram tanaman pada saat cuaca sedang panas hal ini dilakukan untuk menjaga agar bunga tetap segar.
  • Pemberian pupuk harus dilakukan secara rutin setiap 3-4 bulan sekali menggunakan pupuk NPK dengan takaran 5 gram.
  • Selain itu cabutilah rumput atau tanaman yang menggangu yang tumbuh disekitar tanaman bunga mawar.
  • Rajin-rajinlah memangkas bunga mawar agar tanaman dapat menghasilkan tunas-tunas baru agar keadaan tanaman bunga mawar dalam kondisi sehat.

Hama Pada Bunga Mawar dan Cara Menaggulanginya

  • Kumbang, Ada beberapa jenis kumbang yang banyak menyerang tanaman bunga mawar antara lain Kumbang Chafer, Kumbang Fuller dan Kumbang Curculio. Biasanya hama jenis ini akan merusak tanaman bunga mawar dengan cara memakan daun, tangkai dan kuntum bunga sehingga tanaman bunga mawar akan berlubang pada bagian yang dimakan oleh kumbang tadi. Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan penyemprotan insektisida Elsan 60, ECHostathion 40 EC,  Ambush 2 EC, Desis 2,5 EC, atau yang lainnya pada konsentrasi yang dianjurkan pada kemasan insektisida.
  • Siput Berbulu, Siput jenis ini biasanya memiliki warna putih kehijau-hijauan dan ditutupi oleh bulu-bulu kasar. Biasanya hama jenis ini menyerang tanaman bunga mawar dengan cara memakan daun bagian bawah dari tanaman bunga mawar sehingga daun tanaman bunga mawar akan berlubang. Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan cara membuang kepompong yang menempel pada tanaman bunga mawar dan selanjutnya tanaman disemprot dengan insektisida Brestan 60 pada konsentrasi yang telah dianjurkan.
  • Kutu Daun, Kutu ini memiliki ukuran yang cukup kecil hanya sekitar 0,6 mm dan memiliki warna hijau. Kutu ini menyerang tanaman dengan cara menghisap cairan tanaman bunga mawar sehingga membuat tanaman bunga mawar menjadi aneh dimana pada daun akan berbentuk keriting dan mengkerut. Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan penyemprotan insektisida Confidr 200LC, Desis 2,5 EC atau Buldok 25 EC,  Curacron 500 EC dan Fastac 15 EC pada konsentrasi yang dianjurkan pada kemasan insektisida.
  • Tungau, Hama ini memiliki ciri berwarna hijau, merah dan kuning yang dapat berkembang biak secara paik didalam iklim lembab. Tungau ini menyerang tanaman bunga mawar dengan cara menghisap airan pada tanaman sehingga meyebabkan bintik-bintik merah pada tanaman bunga mawar. Cara mengatasi hama ini dapat dilakukan penyemprotan insektisida seperti Omite 570 EC atau Mitac 200 EC, Meothrin 50 EC dengan kadar yang dianjurkan.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget