Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Budidaya Pepaya California

Pepaya (Carica Papaya) merupakan buah yang berasal dari negara meksiko bagian selatan dan utara dari amerika selatan. Saat ini tanaman pepaya telah menyebar luas didaerah yang memiliki iklim tropis tak terkecuali Indonesia. Pepaya sendiri diambil dari bahasa belanda yaitu "papaja" dan orang jawa sering menyebut buah ini dengan istilah "Kates" sedangkan orang sunda meneybut buah pepaya dengan istilah "Gedang".

Budidaya Pepaya California

Dari sekian banyak jenis pepaya yang ada didunia, pepaya california merupakan jenis pepaya yang banyak ditanam diIndonesia. mungkin karena pepaya jenis ini memiliki berbagai kelebihan dibandingkn dengan jenis pepaya lainya. antara lain, Pepaya california ini memiliki umur yang relatif pendek dan pohonya yang rendah. Meskipun pohon dari pepaya california rendah namun buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangatlah bagus. dengan demikian buah pepaya ini dapat dipanen dalam waktu yang sangat singkat yaitu hanya sekitar 7 bulan saja.
Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh buah manis ini menjadikan peluang usaha budidaya california sangatlah terbuka lebar bahkan jika usaha ini ditekuni dengan baik bisa jadi usaha ini akan mendatangakan keuntungan yang sangat besar. Hal ini selaras dengan permintaan pasar yang tinggi, bakan para petani pepaya california saat ini belum sanggup untuk memenui kebutuhan pasar, dimana petani hanya mampu menyediakan 30% dari kebutuhan pasar yaitu 80-100 ton setiap minggunya. oleh karena itu kaliini taryono.com akan membagikan Cara Budidaya Pepaya California buat kalian semua.

Ciri - Ciri Buah Pepaya California :

  • Memiliki batang pohon yang rendah.
  • Memiliki bentuk buah yang lonjong.
  • Memiliki warna buah hijau sebelum masak dan berwarna kuning setelah masak.
  • Memiliki kulit yang tebal.
  • Memiliki daging buah yang kenyal dan manis.
  • Memiliki umur panen yang pendek.

Kelebihan Buah Pepaya California


Pepaya California akan mulai berbuah pada usia 7-9 bulan dan pohon dari pepaya jenis ini bisa bertahan hingga 4 tahun. lamanya Untuk sekali panennya saja pohon pepaya california mampu menghasilkan 10-20 buat pada tipa pohonya. selain kelebihan-kelebihan tadi, masih banyak kelebihan yang dimiliki oleh pepaya california ini, Antara lain :
  • Pohon pepaya california memiliki batang yang pendek sehingga memudahkan petani dalam proses perawatan ataupun pemanenan.
  • Ketika bua sudah matang, maka warna buah akan berubah menjadi kuning dan memiliki rasa yang manis.
  • Pepaya california memiliki ukuran yang tidak terlalu besar namun tidak terlalu kecil sehingga pepaya jenis ini sangatlah praktis dalam hal pengemasan.
  • Buah pepaya california memiliki kulit yang cukup tebal dan berbentuk lonjong.


Syarat Menanam Pepaya California

Budidaya Pepaya California
Budidaya Pepaya California

Sebelum melakukan budidaya tanaman pepaya california, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil dari budidaya nantinya maksimal. Untuk iklim sendiri pepaya jenis ini sangat cocok ditanam pada ketinggian 700m dpl yang memiliki tingkat kelembapan 6-7 pH dengan suhu udara 25-30 drajat celcius. Sedangkan untuk media tanamnya sendiri sebisa mungkin mempunyai sistem pengairan yang bagus dan bebas dari tanaman penggangu seperti rumput liar ataupun gulma. Selain itu sebelum tahah ditanami pepaya california sebaiknya tanah diolah terlebih dahulu agar lebih gembur.

Pembibitan Pepaya California


Untuk mendapatkan biji pepaya california sendiri ada beberapa opsi yang dapat kamu pilih. untuk pilian pertama kamu bisa mendapatkan bibit pepaya ini dari para petani yang juga membudidayakan pepaya jenis ini. selain itu kamu juga dapat melakukan pembibitan sendiri untuk mendapatkan bibit pepaya california. Langkah pertama adalah memilih biji dari buah pepaya california yang sehat dan matang secara alami dari pohonnya. setelah mendapatkan biji pepaya yang berkualitas ikutilah tahap dibawah ini unuk Penyemaian pepaya california :

  1. Setelah mendapatkan biji pepaya yang berkualitas, selanjutnya rendam biji pepaya tadi didalam air selama satu malam. setelah itu ambil biji pepaya yang tenggelam saja karena biji tersebut memiliki kualitas yang bagus, sedangkan biji pepaya yang mengapung sebaiknya dibuang saja karena biji ini memiliki kualits yang rendah.
  2. Setelah dilakukan pemilihan biji, selanjutnya biji yang telah dipilih tadi diperam dengan menggunakan kain basah atau menggunakan kertas koran basah selama kurang lebih satu minggu.selama tahap ini berlangsung usahakan untuk selalu menjaga kelembapan kain ataupun koran.
  3. Setelah 1 miggu biji akan berubah menjadi benih yang siap untuk disemaikan.
  4. Kemudian siapkan tanah halus yang telah dicampurkan dengan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1 dan kemudian dimasukan kedalam wadah polybag dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan.
  5. Lalu masukan bibit tadi kedalam polybag yang telah diberi tana tadi dan lakukan penyiraman secukupnya.
  6. Letakkanlah bibit ditempat yang terkena sinar matahari.
  7. Bibit pepaya pada umumnya akan siap untuk ditanam pada usia 1 - 1,5 bulan setelah peyemaian.

Penanaman Pepaya California


Hal pertama yang harus disiapkan untuk menanam pepaya california adalah menyiapkan lubang yang memiliki ukuran sekitar 50 cm dan memiliki jarak antar lubang sekitar 2,5 m. kemudian masukanlah tanah yang dicampur dengan pupuk kandang kedalam lubang namun tanah tidak sampai menutupi lubang. Selain itu sebisa mungkin lahan yang akan ditanami pepaya california dilakukan pengairan sehari sebeum dilakukan proses penanaman. Pepaya california sendiri sangat bagus ditanam pada sore hari.
Kemudian pindahkan secara hati-hati bibit pepaya yang ada pada polybag tadi dan usahakan tanah pada polybag tidak hancur saat dipindahkan. hal ini dilakukan untuk mencegah tanaman mengalami layu dan mati.

Pemeliharaan Pepaya California


Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksima dalam budidaya california ini, petani harus melakukan proses pemeliharaan yang baik dan benar. Pada tahap penanaman biasanya beberapa bibit pepaya califoria akan mengamai kelayuan hal ini dapat diatasi dengan mengganti bibit yang layu tadi menggunakan bibit yang baru dan sehat. sehingga kamu harus menyiapkan bibit lebih untuk mengurangi kegagalan. 
Untuk penyiraman pohon pepaya california dilakukan dengan cara mengairi irigasi yang telah dibuat sebelumnya. Karena jika pohon pepaya disiram langsung kepohonya akan membuat batang pohon pepaya california menjadi busuk dan mati. Kemudian untuk menambah unsur hara pada tanah dapat dilakukan degan pemupukan menggunakan pupuk kompos ataupun pupuk kandang. sangat disarankan seminggu setelah penanaman sebaiknya tanaman diberikan pupuk NPK dengan dosis 200 gram pada setiap pohonnya. selanjutnya setelah pohon memasuki usia 3 bulan berikanlah pupuk NPK sebanyak 300 gram setiap pohonnya. kemudian setelah pohon memasuki usia 6,9 dan 12 bulan maka berikanlah pupuk NPK sebanyak 500 gran tiap pohonya dan ditabah denga pupuk kandang sebanyak 40 Kg untuk tiap pohonnya. agar buah yang dihasilkan lebih manis dapat dilakukan dengan pemupukan menggunakan pupuk KCI saat pohon mulai berbuah.

Pemanenan Buah Pepaya California


Buah pepaya california dapat dipanen ketika usianya telah mencapai 7 - 9 bulan dan ditandai dengan berubahnya warna buah menjadi kuning. Untuk cara pemanenannya sendiri dapat dilakukan dengan menggunting bagian tangaki buah secara hati-hati. setelah dilakukan pemanenan sebaiknya pepaya disimpan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan berilah alas pada tempat penyimpanan pepaya menggunakan plastik ataupun koran bekas.
Budidaya Pepaya California Reviewed by eio arts on Juli 27, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by TARYONO © 2017 - 2018

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.